Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Wartawan Terkemuka Washington Post Didakwa Mata-mata oleh Iran

Wartawan Terkemuka Washington Post Didakwa Mata-mata oleh Iran

Jason Rezaian dan istrinya yang juga ditahan Pemerintah Iran (bbc.co.uk)
Jason Rezaian dan istrinya yang juga ditahan Pemerintah Iran (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Iran. Seorang wartawan koran terkemuka Washington Post yang ditahan di Iran menghadapi empat dakwaan, termasuk kegiatan mata-mata, demikian diungkapkan pengacaranya sebagaimana dilansir BBC (21/4/2015).

Jason Rezaian, yang bertugas sebagai koresponden Washington Post di Teheran, ditangkap Juli 2014 lalu dan sudah diadili pada Desember 2014 namun tidak diketahui persis dakwaan yang diajukan kepadanya.

Pengacaranya, Leila Ahsan, mengatakan Rezaian didakwa ‘berkolaborasi dengan pemerintah musuh’ dan ‘menyebarkan propaganda’. Washington Post menyebutkan dakwaan itu tidak jelas dan tercela.

Salah seorang redaktur Washington Post, Martin Baron, menuduh Iran ‘diam tanpa penjelasan’ terkait penahanan Rezaian selama sembilan bulan tanpa mengungkapkan alasannya. Harian itu mendesak Iran untuk membebaskan Rezaian dan istrinya, juga seorang wartawan, yang ikut ditangkap bersamanya Juli 2015 lalu.

Rezaian didakwa memgumpulkan informasi tentang kebijakan luar negeri dan dalam negeri serta memberikan ke ‘individu-individu dengan niat bermusuhan’. Dakwaan tersebut diketahui Ahsan yang baru pertama kali bertemu dengan Rezaian pada Senin, 20 April 2015.

“Klien saya tidak pernah memiliki kontak langsung maupun tidak langsung atas informasi rahasia untuk diberikan kepada siapapun,” jelas Ahsan seperti dikutip Washington Post. Diungkapkan, Rezaian, warga Amerika Serikat asal Iran itu, akan diadili oleh Pengadilan Revolusioner Iran namun tanggalnya belum ditentukan. (BBC/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Trump Batalkan Rencana Gempur Iran Secara Mendadak

Figure
Organization