Home / Berita / Internasional / Menlu Saudi: Intervensi Iran Menghambat Perdamaian di Suriah

Menlu Saudi: Intervensi Iran Menghambat Perdamaian di Suriah

Menlu Saudi, ‘Adil al-Jubeir (kiri) bersama Menlu Turki, Mevlut Covusoglu (kanan). (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Menlu Saudi Arabia, ‘Adil al-Jubeir mengatakan bahwa intervensi Iran dan Hizbullah (milisi Syiah) Lebanon, dapat menghambat upaya damai terhadap krisis di Suriah. Selain itu, al-Jubeir juga menekankan kesepahaman antara negaranya dengan Turki, dalam upaya menghadapi intervensi negatif Iran di wilayah tersebut, seperti upaya Iran dalam menyulut api sektarian dan dukungannya terhadap teroris.

Dalam konferensi pers yang digelar bersama dengan Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu pada penutupan pertemuan pertama dewan koordinasi, Rabu (08/02/2017), al-Jubeir juga mengungkapkan berbagai kesepahaman Turki dan Saudi dalam berbagai permasalahan. Terutama terkait krisis Suriah, masalah Palestina, dan pemberantasan terorisme.

Di sisi lain, Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu mengungkapkan  tentang pengembangan mekanisme kerjasama dua Kemenlu, dalam rangka meningkatkan kerjasama Turki-Saudi dalam bidang politik dan ekonomi.

Cavusoglu juga menyebutkan berbagai kesepakatan yang diperoleh dalam pertemuan kali ini. Di antaranya dalam bidang keamanan, pelayanan, pariwisata dan kebudayaan. Untuk pertemuan selanjutnya, menurut Cavusoglu, akan digelar di Riyadh, ibukota Saudi.

Pertemuan dewan koordinasi antara Menlu Turki dan Menlu Saudi, yang digelar di Ankara seja Selasa (07/08/2017), berakhir pada hari ini. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas peningkatan hubungan bilateral kedua negara, dan bertukar pandangan terhadap berbagai isu baik regional maupun internasional. (whc/aljazeera.net/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Organization