Topic
Home / Berita / Silaturahim / Aliansi Kemanusiaan Indonesia (AKI) Bekerja secara Inklusif di Myanmar

Aliansi Kemanusiaan Indonesia (AKI) Bekerja secara Inklusif di Myanmar

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Delegasi ALKI diterima oleh Chief Minister Of Rakhine State, Mr U Nyi Pu. (mastom/kis/pkpu)

dakwatuna.com – Rakhine.  Indonesia melalui Menlu telah menyerahkan bantuan pangan dan pakaian Indonesia utk Masyarakat Rakhine di Myanmar.

Misi bantuan yg dilakukan merupakan bagian baru setelah pertemuan antar Menlu yg dilakukan Desember 2016 lalu.  Misi ini dilanjutkan dg misi kemanusiaan dengan masa lebih panjang yang dilakukan oleh Aliansi Kemanusiaan Indonesia atau Indonesian Alliance for Humanity.

Aliansi merupakan upaya gabungan multi pihak baik lembaga kemanusiaan, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Di antara anggota aliansi ini adalah MDMC, PKPU Human Initiative, LPBINU, Dompet Dhuafa, RZ, ACT, HFI, FOZ, DPU DT, BAZNAS, LAZ Wahdah Islamiah, Synergy Foundation, KRC, LMI, Walubi.

Aliansi telah berkomitmen dana sebesar 1 juta dolar untuk program-profram bidang kesehatan seperti renovasi klinik, pelayanan kesehatan baik di klinik maupun kesehatan keliling. Sementara di bidang pendidikan akan dilakukan pelatihan utk guru, peningkatan fasilitas belajar dan mengajar. Sedangkan utk penghidupan atau livelihood akan diluncurkan pasar perdamaian.

Program akan dilaksanakan selama 2 tahun dan dimungkinkan untuk diperpanjang.

Pemerintah Daerah Rakhine sudah menyambut baik kerjasama dan rencana program jangka panjang. Pemerintah Daerah provinsi atau State of Rakhine bahkan telah menemui Aliansi.

Gubernur dan beberapa kepala Dinas serta Sekda menerima Aliansi di kantor Pemda.

Setelah diterima Pemda, Aliansi mendistribusikan bantuan ke 4 Camp Pengungsian. 3 camp pengungsian Muslim di Ohn Taw Gyi Selatan dan utara yg masing2 ada 2275 KK dan 2725 KK, Say Tama Gyi 2650 KK dan pengungsi Rakhine di Min Gang dengan 151 KK.

Di samping itu diserahkan bantuan dana utk perbaikan jalan sebesar $US 2000  di serahkan untuk Min Gang dan $US 3000 untuk perbaikan jalan di Say Tama Gyi.

Tim AKI juga telah mendapatkan persetujuan untuk menyerahkan bantuan dan melakukan program jangka panjang  di wilayah Maungdaw, salah satu daerah yang hingga saat ini masih memiliki akses terbatas.

Aliansi berkomitmen untuk terus bekerja secara inklusif dengan cara membantu kedua komunitas yaitu  Rohingya dan Rakhine di Rakhine State, Myanmar.  (mastom/kis/pkpu/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization