Topic
Home / Berita / Nasional / Jangkau Pasar Lebih Luas, Pemerintah Dorong UMKM Pasarkan Produk Lewat Internet

Jangkau Pasar Lebih Luas, Pemerintah Dorong UMKM Pasarkan Produk Lewat Internet

Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong pelaku UMKM memasuki pasar digital. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Bantul.  Guna meningkatkan daya saing dan perluasan pasar, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air untuk memasarkan produk kerajinan mereka melalui internet guna menjangkau pasar yang lebih luas.

“Itu yang paling utama karena sekarang apa-apa sudah digitalisasi, dan sekarang masyarakat sudah sangat mengemari untuk berbelanja melalui internet,” katanya usai peresmian Rumah Kreatif BUMN di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (12/1/2017) seperti dilansir republika.co.id

“Sehingga kita menekankan bahwa UMKM itu harus bisa berjualan, atau produk mereka dijual di e-commerce. Dan ini yang sudah kita lakukan dengan BUMN dari Telkom (Telekomunikasi Indonesia),” katanya.

Menurut Rini, masyarakat Indonesia terutama UMKM harus menyadari bahwa sekarang dunia sudah berubah menjadi dunia digital, yang mana semua orang mempunyai ponsel yang didukung dengan aplikasi untuk mengakses jaringan internet. Dengan demikian, kata Menteri, proses kerja UMKM harus bisa diterapkan melalui telepon pintar yang akses internetnya bisa dibuka kapan saja hanya sambil jalan jalan maupun di manapun berada tanpa harus berada di tempat produksi.

“Di Rumah Kreatif yang dikelola BUMN ini kita berikan pembinaan untuk UMKM agar kualitas produk bisa lulus yang kemudian kita masukkan ke belanja.com. Sehingga ketika ada warga Jakarta ingin beli kerajinan Bantul misalnya, bisa pesan untuk dikirim,” katanya.

Sementara itu, untuk menarik lebih banyak investor di sektor UMKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan 1 juta domain website gratis bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo‎ Mariam F Barata, mengungkapkan, 1 juta domain ‎website ini akan diberikan dalam kurun waktu hingga 2018. Sedangkan pada tahun ini pihaknya menargetkan akan ada 350 ribu domain yang disediakan.

“Pada tahun ini kita siapkan domain gratis sebanyak 350 ribu. Kalau Juni ini paling tidak 20 ribu siap diedarkan,” ujar di Jakarta, Rabu (25/5/2016), dikutip dari liputan6.com

Mariam mengungkapkan, untuk merealisasikan program ini, pihaknya akan menggandeng sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) termasuk dinas di daerah. Nantinya, bagi UKM yang ingin mendapatkan domain gratis ini dapat mendaftar di dinas UKM di daerah untuk selanjutnya di verifikasi.  (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Fadly Amran: Pasar Digital Kubu Gadang Tarik Minat Kunjungan Wisatawan

Figure
Organization