Topic
Home / Berita / Nasional / PKS Ucapkan Duka Cita Mendalam untuk Korban Gempa Aceh

PKS Ucapkan Duka Cita Mendalam untuk Korban Gempa Aceh

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini

dakwatuna.com – Jakarta.  Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) terjadi di Pidie Jaya mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, menyatakan duka cita untuk masyarakat Aceh, terlebih bagi mereka yang terkena dampak secara langsung dari gempa tersebut.

“Keluarga besar Fraksi PKS mengucapkan duka mendalam bagi korban gempa Aceh, semoga diberi kesabaran dan kemudahan dalam penanganan bencana sehingga tidak banyak korban jiwa dan segera bisa pulih (recovery),” jelas Jazuli di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Oleh karena itu, lanjut Jazuli, meminta pemerintah untuk segera melakukan tanggap darurat dengan prioritas menyelamatkan korban jiwa. Prioritas tempat penampungan lengkap dengan kebutuhan tanggap darurat harus segara disiapkan dan didatangkan.

“Tempat penampungan lengkap dengan dokter, paramedis, obat-obatan, makanan dan minum, selimut dan lain-lain serta pakaian tentu harus menjadi prioritas penanganan. Selain alat-alat berat yang harus segera didatangkan untuk membuka akses penyelamatan dan bantuan,” saran Jazuli.

Anggota Komisi I ini juga mengharapkan adanya koordinasi sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Penanggulan bencana harus cepat dan tanggap. Untuk itu harus ada kerjasama yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga antara BNPB dan BPBD. Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelematan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif,” pinta Anggota Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PKS ini.

Selain itu, Fraksi PKS juga mendorong solidaritas kemanusian dari seluruh warga bangsa untuk membantu korban gempa Aceh. Serta menegaskan partisipasi PKS dalam penanggulangan bencana ini. Tentu harus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemda setempat agar bantuan efektif dan tepat kebutuhan dan sasaran.

“Mari kita galang solidaritas, minimal kita doakan saudara-saudara kita di Aceh, kita himpun donasi, serta kita kirimkan bantuan materi maupun tenaga sesuai kemampuan. Kader-kader dan struktur PKS juga telah diinstruksikan untuk membuka posko bantuan di lokasi, dan alhamdulillah PKS sudah mendirikan “Posko PKS Aceh Peduli” dengan penanggung jawab Saudara Khairul Amal (HP 08126922257),” ungkap Jazuli.

Anggota DPR Dapil Banten III ini mengingatkan khususnya kepada Pemda seluruh Indonesia agar waspada dan siap selalu melakukan tanggap darurat karena ancaman bencana terjadi di berbagai daerah, termasuk salah satunya di Provinsi Banten daerah Lebak Selatan terjadi longsor.

“PKS juga sudah mendirikan Posko Bantuan di lokasi,” pungkas Jazuli.  (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Organization