Topic
Home / Berita / Nasional / Kemenag Akan Gelar Sidang Itsbat Pada Kamis 1 September 2016

Kemenag Akan Gelar Sidang Itsbat Pada Kamis 1 September 2016

Sidang Itsbat
Hasil Rukyat di seluruh wilayah akan dibawa pada sidang itsbat pada Kamis (1/9/2016). (okezone.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Kementerian Agama akan melaksanakan sidang itsbat untuk menentukan awal Bulan Zulhijjah 1437 H pada Kamis (1/9/2016) bertempat di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Dilansir dari laman Bimas Islam Kemenag, Sidang itsbat rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar Negara-negara Sahabat, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Dalam menentukan awal Zulhijjah1437 H, Kementerian Agama masih menunggu hasil rukyat di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kanwil dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama setempat dan instansi lain serta ormas Islam setempat.

Hasil Rukyatul Hilal diseluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Zulhijjah untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah1437 Hdan Idul Adha (10 Zulhijjah) .

Sidang Itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan Ormas Islam dan Instansi Terkait dalam mengambil keputusan yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, M. Thambrin, mengatakan, sidang itsbat akan diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1437 H oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah salat Maghrib, sidang digelar dengan pembukaan sidang itsbat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh M. Thambrin.

Sidang itsbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal. Namun, awak media diberikan kesempatan untuk melakukan pengambilan gambar suasana sidang sebelum sidang resmi dimulai. Hasil sidang itsbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers.

“Sidang itsbat dilakukan tertutup dan setelahnya akan dilakukan konferensi pers hasil sidang itsbat oleh Menteri Agama,” terang Thambrin, dikutip dari detikcom(SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Doa dan Munajat untuk Keselamatan Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Figure
Organization