Topic
Home / Berita / Nasional / DPR Minta Kemenag Maksimalkan Perlindungan Jamaah Haji

DPR Minta Kemenag Maksimalkan Perlindungan Jamaah Haji

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Abdul Fikri Faqih. (IST)
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Abdul Fikri Faqih. (IST)

dakwatuna.com – Tegal. Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Fikri Faqih menyatakan bahwa Kementerian Agama RI (Kemenag) perlu memaksimalkan fungsi perlindungan jamaah haji.

“Fungsi perlindungan, dari mulai asuransi keselamatan sampai dengan kesehatan harus dimaksimalkan Kemenag. Apalagi jika mereka menjumpai kendala administratif maupun masalah di Saudi Arabia,” ujar Anggota Legislatif dari Dapil Jawa Tengah IX ini, dalam siaran pers yang diterima dakwatuna.com, Rabu (15/7).

Lebih lanjut Fikri memaparkan bahwa dalam penyelenggaraan ibadah haji, ada dua fungsi utama Kemenag yang dibantu langsung oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yakni pembinaan dan pelayanan. “KBIH inilah yang melakukan manasik secara rutin dan intensif. Manasik di kota/kabupaten hanya formalitas untuk membuka dan menutup saja,” urainya.

Tingkat pemahaman calon jamaah haji mengenai penyelenggaraan haji sangat variatif. Hal inilah yang menurut Fikri dipenuhi oleh KBIH sejak jamaah belum berangkat ke tanah suci. Tak jarang pula para pembimbing haji utusan KBIH mempertaruhkan nama lembaganya untuk melayani jamaah sepenuhnya agar bisa berhaji secara sempurna. KBIH juga melakukan pembinaan pasca ibadah haji.

Fikri berharap sinergi Kemenag dengan KBIH bisa menjadikan penyelenggaraan ibadah haji lebih baik dan memberikan pelayanan yang optimal bagi para jamaah haji. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization