Home / Narasi Islam / Wanita / Menjadi Wanita Langit

Menjadi Wanita Langit

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (webmuslimah.com)
Ilustrasi. (webmuslimah.com)

dakwatuna.com – Banyak tulisan-tulisan sejarah yang menceritakan kehebatan lelaki besar, nan hebat dan cemerlang. Tetapi sangat sedikit yang menceritakan tentang sejarah wanita-wanita hebat pengukir sejarah. Hanya beberapa orang saja, yang tertulis menjadi wanita besar dalam sejarah.

Apakah tidak ada wanita-wanita besar yang lain?

Jawabnya ada. Mereka ada di sekitar kita, memberikan segala asa dan cintanya untuk kita. Mempertaruhkan nyawanya, mempersembahkan setiap lelahnya, menguntai setiap doanya untuk kita. Anaknya, suaminya dan keluarganya.

“Di Belakang Seorang Lelaki Besar Pasti ada Wanita-wanita Besar”

Wanita sholihah yang tidak dikenal banyak penduduk bumi tapi mereka sangat dikenal penduduk langit. Karena keikhlasan nya, kesabaran nya, ketangguhan nya, ketaatan nya pada Robb-nya.

Mereka yang menciptakan syurga sebelum syurga yang sebenarnya. Rumah yang penuh cinta, kedamaian, keimanan dan semangat untuk mempersembahkan yang terbaik dunia akhirat. Menjadi pelabuhan ruhani bagi suami dan keluarganya. Menjadi arsitek peradaban yang luar biasa. Karena itu mereka sangat dikenal penduduk langit. Mereka yang terkadang dengan sangat tangguhnya menjadi tulang punggung keluarganya. Mereka yang tidak dikenal tapi doanya telah menembus langit. Mujahadahnya yang luar biasa, sudah dicinta oleh Rabb-nya.

“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan izin Tuhan; dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya yang tumbuh merana. Demikianlah Kami Menjelaskan berulang-ulang tanda- tanda (kebesaran Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (Al A’raf: 58)

Para suami pasti sangat membutuhkan seorang istri yang bukan hanya mampu meneduhkan jiwanya, menenangkan perasaannya, membahagiakan hatinya tatkala dia di dalam rumah, tapi juga yakin dan percaya bahwa sang istri akan merawat dan mendidik anak-anaknya dengan baik seperti yang ia inginkan. Istri yang taat pada Tuhan-nya saja yang mampu memenuhi kriteria ini.

Wanita yang baik, ibu yang baik akan menjadikan keluarganya baik dan anak-anak yang nanti akan mampu menjadi pemberat bumi ini dengan kalimatullah. Diri yang kokoh menciptakan keluarga yang kokoh juga, maka masyarakat pun akan kuat dan sejahtera.

Wanita dengan segala hak dan kewajibannya menjadikan ia layak diberi gelar superwoman. Bagaimana tidak? Dalam 24 jam rata-rata wanita kuat menjalani pekerjaan domestik, seperti menyiapkan perlengkapan suami, mengurus anak, memasak, dan menyelesaikan pekerjaan rumah, belum lagi jadwal pengajian, kegiatan sosial, dan segala jenis kegiatan lainnya. Secara fisik terbukti bahwa wanita mampu melakukan semua tugasnya.

Demo para akhwat shahabiyah:

“Wahai Rasulullah aku adalah delegasi segenap kaum muslimah kepadamu. Jihad telah diwajibkan oleh Allah atas kaum lelaki. Jika mereka menang mereka mendapatkan balasan pahala dan jika mereka terbunuh maka mereka tetap hidup di sisi Allah dan diberi rizki. Lalu apa bagian kami dari itu semua?”

Nabi menjawab “Sampaikanlah kepada segenap kaum muslimah yang engkau temui bahwa keta’atan kepada suami dan memenuhi hak-haknya adalah sama dengan itu . Tetapi sedikit sekali dari kalian yang melakukannya.”

***

Umamah Taghlubiyah, seorang wanita Arab terpandang menasehati anaknya Ummu Iyas binti Auf.  Nasehat ini dia sampaikan ketika melepas putrinya itu menuju rumah suaminya saat dia dinikahkan.

Anakku, dengarkanlah, aku akan menyampaikan sepuluh wasiat untukmu. Jagalah wasiat ini. Ia akan menjadi penerang dan bekal bagimu dalam hidup.

Pertama. setia dan patuh lah padanya. Kepatuhanmu padanya akan melahirkan keridhaan Tuhan.

Kedua. qana’ahlah dengan apa yang diberinya. Sikap itu akan melahirkan ketenangan dalam jiwamu.

Ketiga. peliharalah pandangannya padamu. Jangan sampai dia melihat padamu sesuatu yang tidak disenanginya.

Keempat. pelihara penciumannya terhadapmu. Jangan sampai dia mencium darimu sesuatu yang tidak mengenakkan hidungnya.

Kelima. Jagalah waktu makannya. Sesungguhnya rasa lapar itu bagaikan bara yang bisa membakar kapan saja.

Keenam. jagalah waktu tidurnya. Sesungguhnya gangguan pada waktu tidur bisa menyulut amarah.

Ketujuh. jagalah harta dan rumahnya. Sesungguhnya yang demikian membuatnya menghargaimu.

Kedelapan. pelihara dan hormatilah anak dan keluarganya. Sesungguhnya hal itu melatihmu mengatur segala sesuatu dengan baik.

Kesembilan. janganlah kamu buka rahasianya. Jika kamu melakukan itu, maka tidak bisa dijamin dia akan menjaga janjinya padamu.

Kesepuluh. janganlah kau melanggar perintahnya. Sesungguhnya yang demikian itu menyulut rasa cemburu dalam hatinya.

Dan perhatikanlah dua perkara. Janganlah kamu menampakkan kebahagiaan padanya jika dia sedang dirundung sedih. Jangan pula engkau menampakkan kesedihan di kala dia berbahagia. Ketahuilah wahai anakku, sebesar apa penghormatanmu padanya sebesar itu dia akan menyanjungmu. Sejauh mana kamu bisa menyesuaikan pandanganmu dengannya seperti itu pula dia akan setia padamu. Anak gadisku, sesungguhnya kamu tidak akan mampu melakukan itu semua kecuali jika kamu mampu mendahulukan keridhaan nya atas keinginan pribadimu, dan jika kamu mampu mengedepankan hasratnya atas hasratmu. Semoga Allah melimpahkan kebaikan padamu. Selamat jalan

***

Dalam hadits qudsi disebutkan:

Apabila Allah telah mencintai seorang hambaNya, maka Allah perintahkan jilbril. “Wahai Jibril sampaikan kepada seluruh penduduk langit dan bumi untuk mencintai si fulan. Karena Aku telah mencintainya,” (muttafaq ‘alaih)

Wahai para wanita berbekal lah dengan bekal ilmu dan ketaqwaan yang banyak, maka kelak engkau akan mampu mengajak anak-anakmu menjadi penduduk langit, dan seluruh keluargamu untuk dikenal penduduk langit. Ketika itulah engkau dapat memastikan tempatmu di langit.

Tulisan ini dari ambil dari petikan2 kajian dari berbagai sumber.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Nama lengkap Choiriyah, lahir dan besar di kota Malang-Jawa Timur, domisili di Batam. Mulai ikut dunia tulis-menulis sejak duduk di bangku SMA, dan menang juara II Karya Ilmiah Remaja di Malang. Saat bekerja di perindustrian Batam, ikut aktif dalam pembuatan buletin dan berita perusahaan se-Asia. Mulai tahun 2011-2014 aktif di FLP Johor. Sekarang Aktif dalam FLP Batam. Semoga dapat lebih banyak berkarya untuk dakwah bil Qolam.

Lihat Juga

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Figure
Organization