Topic
Home / Berita / Nasional / Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016

Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016

Ilustrasi - Suasana saat berlangsungnya Sidang Isbat pada saat 1 Ramadhan 1433 H dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali yang di hadiri sejumlah Ormas Islam dan perwakilan negara sahabat di Gedung Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (19/7) malam. (inilah.com/Ardhy Fernando)
Ilustrasi – Suasana saat berlangsungnya Sidang Isbat pada saat 1 Ramadhan 1433 H dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali yang di hadiri sejumlah Ormas Islam dan perwakilan negara sahabat di Gedung Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (19/7) malam. (inilah.com/Ardhy Fernando)

dakwatuna.com – Jakarta. Penetapan 1 Syawal 1437 Hijriah (H) jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Penetapan ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai menggelar sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (4/7/2016).

“Kami bersepakat berdasarkan laporan dalam sidang (Isbat) yang baru saja selesai, bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016,” ujar Lukman, seperti yang dilansir dari portal resmi Kemenag, Senin (4/7/2016).

Dalam pelaksanaan sidang Isbat tersebut, dilaporkan bahwa terdapat 90 titik pantau hilal di seluruh Indonesia. Berdasarkan laporan Tim Rukyah, hilal belum tampak pada Senin petang tadi. Dengan demikian diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari.

“Disimpulkan hilal di bawah ufuk. Jadi besok hari Selasa, kita masih berpuasa. 1 Syawal jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016,” ucap Menag.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, mengajak umat Muslim untuk mensyukuri bahwa hari Idul Fitri 1437 H dirayakan bersama seluruh komponen umat Islam.

“Marilah kita syukuri karena hari raya tahun ini kelihatannya akan dirayakan bersama seluruh komponen umat Islam,” kata Ma’ruf, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Dia menambahkan, denagn kesepakatan 1 Syawal bersamaan ini, semoga menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara umat Islam Indonesia. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization