Topic
Home / Berita / Nasional / Menag Imbau Umat Islam Gelar Shalat Istisqa

Menag Imbau Umat Islam Gelar Shalat Istisqa

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (liputan6.com)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengajak umat Islam untuk melakukan Shalat Istisqa atau shalat minta hujan.

“Saya mengimbau umat Islam untuk mengadakan Shalat Istisqa untuk meminta hujan,” kata Lukman, seperti yang dilansir Republika Online, Rabu (9/9).

Selain itu, Lukman juga berharap para ulama, pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan imam masjid agar berinisiatif mengajak umat Islam mengadakan Shalat Istisqa berjamaah,” tambahnya.

Lukman juga mengajak umat agama lain untuk turut berdoa agar hujan segera turun dan membawa keberkahan.

Sebelumnya, dibeberapa daerah sudah menyelenggarakan Shalat Istisqa. Seperti di Kabupaten Cianjur. Shalat Istisqa itu diikuti oleh Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur KHR Abdul Halim, beserta beberapa tokoh masyarakat dan alim ulama lainnya.

“Memang kita tidak bisa menyalahkan musim yang berkepanjangan ini. Karenanya, sebagai ikhtiar, selain memberikan bantuan pompa, juga berdoa kepada Allah, agar segera menurunkan hujan. Dengan begitu, petani dapat kembali menggarap lahan mereka dan menafkahi keluarganya,” ungkap Tjetjep, seperti yang diansir Jabar.pojoksatu.id, Rabu (9/9).

Sementara itu, Sekretaris MUI Kabupaten Cianjur, Ahmad Yani, berpesan, ketika musim kemarau berkepanjangan terjadi, hingga sulitnya mendapat sumber air, umat muslim dianjurkan untuk menunaikan Shalat Istisqa.

“Memohon pertolongan kepada Allah SWT. Tak cuma mengacu pada ramalan cuaca saja,” ujarnya. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization