Topic
Home / Berita / Silaturahim / Gunung Konci Memanen, Semangat Baru Kader Berdaya PKPU Lampung

Gunung Konci Memanen, Semangat Baru Kader Berdaya PKPU Lampung

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Kader berdaya kelompok Gunung Konci malakukan panen perdana. (Sari/Putri/PKPU)
Kader berdaya kelompok Gunung Konci malakukan panen perdana. (Sari/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Lampung.  Disaat masyarakat sibuk dengan rutinitas masing-masing  para ibu kader berdaya kelompok Gunung Konci mengisi aktivitas Minggu pagi (6/3/2016) untuk berkebun di lahan bersama yang letaknya berada di lereng Gunung Konci.

Setelah melampaui beberapa tahap penanaman seperti bersih-bersih lahan, pembuatan bedengan, penanaman, hingga akhirnya tiba saatnya untuk pertama kali panen. Untuk panen perdana ini, jenis sayuran yang dipanen yaitu kangkung cabut.  Hasil panen kangkung yang diperoleh dikonsumsi sendiri oleh anggota kelompok. Hal ini dikarenakan kangkung yang dipanen tidak memenuhi syarat untuk dapat dijual ke pasaran dan warung. Tanaman kangkung yang dipanen berlubang pada daun dan berukuran kerdil.

“Untuk kangkung yang berlubang pada daun dan berukuran kerdil seperti ini memang kurang dinikmati masyarakat yang ada di kelurahan Keteguhan khususnya masyarakat sekitar Gunung Konci, karena tampilan yang segar dan batang yang besar lebih dipilih masyarakat untu dijadikan sayur “ ujar Rati Sumarni, selaku ketua kelompok gunung konci.

Keadaan kebun bersama yang dipenuhi pepohonan rindang menjadikan sinar matahari tidak secara maksimal masuk ke lahan sehingga ada tanaman kangkung yang kerdil. Walaupun panen perdana ini tidak dapat dijual ke masyarakat sekitar tetapi para ibu anggota kampung nutrisi kelompok Gunung Konci tidak patah semangat. Pada hari yang sama juga para ibu kader berdaya ini menanam tanaman tomat yang sudah di semai dahulu untuk dipindahkan ke bedengan yang digunakan sebelumnya untuk menanam sayur kangkung.

Untuk memperbaiki kualitas sayuran yang mereka tanam, para ibu kader berdaya ini melakukan perombakan tempat penanaman yang akan digunakan untuk menanam sayuran yang memerlukan sinar matahari yang cukup.

“Sebaiknya kita melakukan pemindaha tempat untuk jenis sayuran tertentu yang memerlukan sinar matahari yang cukup banyak, agar hasil yang didapatkan pada panen berikutnya dapat dengan maksimal” ujar Salamah, salah satu anggota kelompok Gunung Konci.

Kedepannya, para ibu kader berdaya ini akan menanam sayur kangkung dan kacang panjang kembali. Namun penanamannya akan disesuaikan dengan bedengan yang sesuai untuk mendapatkan cahaya matahari dengan maksimal. (Sari/Putri/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization