Topic
Home / Berita / Silaturahim / Panen Raya Mendukung Terciptanya Kampung Berdaya Di Desa Pangkalan

Panen Raya Mendukung Terciptanya Kampung Berdaya Di Desa Pangkalan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Panen Raya Kebun Sehat Tangerang. (dimi/kis/PKPU)
Panen Raya Kebun Sehat Tangerang. (dimi/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Tangerang.  Kebun Sehat Tangerang adalah salah satu program pilar gizi PKPU. Pembentukan kebun sehat diawali dengan tujuan untuk meningkatkan status gizi balita dan membentuk ketahanan pangan di Desa Pangkalan, sehingga terciptalah salah satu pilar program gizi dalam klaster berdaya, yaitu Kampung Berdaya.

Untuk mendukung terciptanya ketahanan pangan, kebun sehat tidak hanya berfokus pada penamanan bibit, namun juga merambah pada peternakan lele.

Selama periode November 2015 – Januari 2016, beberapa tahapan telah dilakukan mulai dari pencarian lokasi tanam, pembersihan lahan, pembuatan guludan, penyemaian, hingga saat ini, untuk pertama kalinya kebun sehat desa pangkalan mengadakan panen raya. Tanaman yang akan dipanen saat ini adalah kembang kol dan juga hasil peternakan lele.

Panen dilakukan oleh para anggota peserta kebun gizi dibantu oleh penyuluh dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Teluk Naga, maka didapatlah hasil panen sebanyak 4 kg kembang kol dan 5 kg lele.

Hasil panen dijual kepada masyarakat sekitar, terutama ibu – ibu balita, dengan harga jual jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasar pada umumnya. Satu  kilogram kembang kol dijual dengan harga Rp.15.000,- dengan harga pasar yang berkisar Rp.18.000,- dan Rp.20.000,-  untuk 1 kilogram lele dengan harga pasar Rp.25.000,- Tujuan dilakukan ini agar masyarakat dapat mengkonsumsi pangan sehat dengan harga terjangkau.

Total hasil penjualan adalah sebesar Rp.160.000,- dengan rincian lele laku Rp.100.000,00 dan kol Rp.60.000,00. Hasil penjualan panen saat ini dikumpulkan dan akan diputar kembali menjadi modal pembelian bibit tanaman dan lele. Sehingga kebun sehat di desa pangkalan akan terus konsisten dan berkelanjutan.

Dengan dilakukannya panen hari ini, diharapkan makin tumbuhnya semangat para peserta kebun gizi terutama kader, agar terus menanam dan merawat tanaman ataupun lele. Semangat para kader akan dapat menular kepada masyarakat sekitar untuk turut serta mengembangkan kebun gizi hingga terwujud Kampung Berdaya.di Desa Pangkalan. (dimi/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization