Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Pesawat Pengungsi Suriah yang Pertama Mendarat di Kanada

Pesawat Pengungsi Suriah yang Pertama Mendarat di Kanada

Pengungsi Suriah (islammemo.cc)
Pengungsi Suriah (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Kanada. Pesawat militer pertama yang mengangkut 163 orang pengungsi Suriah dilaporkan telah mendarat di Toronto, Kanada, pada Kamis sore kemarin (10/12/2015) dan disambut oleh PM Kanada, Justin Trudeau.

Sebagaimana diberitakan oleh Islam Memo (10/12/2015), dalam keterangan pers menjelang pesawat mendarat, Trudeau menyatakan bahwa seluruh pihak akan mengingat hari bersejarah tersebut.

Pesawat militer Kanada tersebut mendarat di Bandara Toronto pada pukul 23.30 waktu setempat, setelah bertolak sebelumnya dari Beirut, Libanon, dan sempat transit di Jerman.

Trudeau menyebutkan bahwa penyambutan khusus untuk para pengungsi memberikan janji adanya masa depan yang lebih baik bagi mereka, sekaligus menjadi sumber kekuatan bagi berbagai pihak.

Dalam hal ini, Kanada di bawah kepemimpinan yang baru (liberal) menjadi negara Amerika Utara yang pertama membuka pintu bagi para pengungsi Suriah.

Dalam berbagai kampanye pemenangannya pada pertengahan Oktober 2015 lalu, Trudeau menjanjikan akan mengizinkan sekitar 25 ribu pengungsi Suriah yang berada di Suriah, Libanon, dan Turki, masuk ke Kanada sebelum tanggal 31 Desember 2015.

Hanya saja karena situasi berubah setelah bom Paris dan aksi penembakan brutal di California, rencana tersebut berubah menjadi penerimaan sementara untuk 10 ribu orang pengungsi, sementara 15 ribu orang lainnya direncanakan pada Januari-Februari 2016. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization