Home / Berita / Internasional / Afrika / Kegagalan Pemerintahan Kudeta Mesir Akan Kembali Meletuskan Revolusi

Kegagalan Pemerintahan Kudeta Mesir Akan Kembali Meletuskan Revolusi

Situasi di Mesir yang belum membaik (aa.com.tr)
Situasi di Mesir yang belum membaik (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Mesir. Kantor berita Anadolu Agency menyebutkan dalam beritanya Kamis kemarin (10/12/2015) bahwa rezim berkuasa di Mesir memasuki situasi yang cukup mengkhawatirkan setelah berlalunya dua tahun lebih aksi kudeta terhadap Presiden Morsi dan Ikhwanul Muslimin.

Sejumlah pengamat menggambarkan rezim As-Sisi sebagai pemerintahan gagal di segala bidang, terutama politik dan ekonomi, yang menyebabkan meletusnya kembali revolusi rakyat.

Akademisi Mesir di bidang keuangan dan ekonomi, Asyraf Dawabah, menyampaikan kekhawatirannya terhadap munculnya gejala militerisasi ekonomi yang membahayakan masa depan Mesir.

Dawabah mengkritik rezim militer yang mulai menyingkirkan sektor swasta dengan memberikan kelonggaran kepada tentara/militer untuk mendirikan perusahaan-perusahaan besar dan menjalin kerja sama dengan AS atau negara-negara asing lainnya.

Dawabah mengungkapkan kepada Anadolu bahwa pemerintah (kudeta) Mesir mengumumkan sejumlah proyek setelah kudeta berhasil pada pertengahan 2013 lalu, antara lain proyek reklamasi sekitar 2 juta hektar, proyek 1 juta rumah, akan tetapi disinyalir fiktif.

Selanjutnya, Dawabah menyebutkan kehancuran ekonomi Mesir saat ini yang disebabkan tata kelola ekonomi dan pembangunan yang sangat buruk. Proyek terbaru Terusan Suez yang dibesar-besarkan media, menurutnya saat ini tidak menghasilkan apa-apa, selain penurunan pemasukan sebanyak 9,4% pada Agustus, 3,3% pada September, dan 7% pada Oktober 2015.

Dawabah juga mengungkapkan bahwa Mesir mengimpor dua-pertiga kebutuhan makanan pokoknya ekspor justru mengalami penurunan 20%, di samping penurunan jumlah tenaga kerja Mesir di luar negeri sebanyak 9% (sebagai salah satu sumber devisa). (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Erdogan: Saya Kenal Pembunuh Jamal Khashoggi

Organization