Home / Berita / Opini / Dua Sisi Menarik Pemilu Sela Turki 2015

Dua Sisi Menarik Pemilu Sela Turki 2015

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ahmed Dautoglu di depan pendukungnya di Konya. (aa.tr)
Ahmed Dautoglu di depan pendukungnya di Konya. (aa.tr)

dakwatuna.com – Pemilu sela Turki sungguh fantastis dan mengejutkan. AK Party menang secara fenomenal, melebihi target. Tapi bukan kemenangan ini yang paling menarik meskipun memang sangat diharapkan. Yang sungguh menarik adalah beralihnya dukungan suara kaum nasionalis dan masyarakat Kurdi ke AK Party sebagai penentu kemenangan AK Party. Lalu apa sisi menariknya?

Sisi pertama yang menarik dari Pemilu Turki kali ini adalah begitu fanatiknya kaum sekuler. Mereka tidak bergeming atas pilihan politiknya di CHP (partai sekuleris kemalis) saat kaum nasional yang tadinya memilih MHP dan masyarakat Kurdi yang tadinya memilih HDP kini berbondong-bondong mengalihkan pilihannya ke AKP demi masa depan stabilitas negara dan ketangguhan posisi Turki di kawasan. Hasil sementara, suara untuk CHP bertahan di angka yang sama seperti pemilu Juni lalu.

—- Ini menandakan bahwa sekulerisme merupakan sebuah paham yang menanamkan fanatisme atas ideologinya. Dalam banyak kasus, paham sekulerisme telah menjadi pintu masuk tangan-tangan asing untuk merusak kebangkitan negara-negara mayoritas Islam lainnnya.

Sisi kedua yang tak kalah menarik adalah fenomena beralihnya pemilih MHP (yang notabenenya kaum nasionalis) ke AK Party yang “Islamis”.

—- Ini menandakan bahwa kaum nasionalis di sebuah negara yang memiliki akar Islam sejatinya memiliki fitrah yang kuat dengan ideologi Islam. Kaum Nasionalis di Turki sadar bahwa sejarah nasionalisme Turki adalah sejarah Turki Usmani yang berjuang untuk Islam.

Sementara peralihan suara masyarakat Kurdi ke AKP yang tadinya memilih HDP sudah bisa diprediksi sebelumnya mengingat peran AKP dan Erdogan yang telah memberikan angin kebebasan bagi masyarakat Kurdi dengan membentuk partai sendiri (HDP), suatu kebebasan yang tidak pernah dirasakan saat Turki dipimpin rezim sekuleris-kemalis.

Selamat AKP!
Selamat Erdogan!
Selamat kepada orang-orang yang terzhalimi!

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Intelijen Jerman Peringatkan Bahaya Kelompok Sayap Kanan Ekstrem

Organization