Home / Berita / Internasional / Asia / Pemerintah Gagal Terbentuk, Turki Pemilu Lagi Awal November

Pemerintah Gagal Terbentuk, Turki Pemilu Lagi Awal November

Pemilu legislatif di Turki. (worldbulletin.net)
Pemilu legislatif di Turki. (worldbulletin.net)

dakwatuna.com – Ankara. Komisi pemilihan umum Turki mengusulkan tanggal 1 November 2015 sebagai waktu pelaksanaan pemilu legislatif dini. Usulan itu menyusul gagalnya partai-partai di parlemen membentuk pemerintahan koalisi, termasuk di antaranya partai pemenang, AKP.

Seperti diberitakan Rassd, Kamis (20/8/2015) hari ini, komisi pemilihan umum menyampaikan usulan waktu itu karena tiga hari lagi akan habis tenggat waktu yang disediakan untuk membentuk koalisi pemerintahan, 23 Agustus.

Sebelumnya, perdana menteri Turki, Ahmed Davutoglu, Selasa kemarin telah mengembalikan mandat pembentukan pemerintahan kepada Presiden Erdogan. Setelah usaha panjang membangun koalisi dengan partai-partai pemeroleh kursi di legislatif pasca pemilu 7 Juni yang silam.

Presiden Erdogan menyatakan bahwa memberikan kesempatan kepada partai lain, yaitu Partai Rakyat Demokratik (CHP), hanya buang-buang waktu saja. Pernyataan ini menunjukkan bahwa sebenarnya pihak AKP memang sangat diingin dilakukan pemilu legislatif dini.

Banyak pengamat menilai, banyak pemilih merasa menyesal berpindah pilihan kepada partai selain AKP. Karena kondisi ekonomi menjadi tidak menentu pasca diumumkannya hasil pemilu yang menunjukkan AKP tidak menang mutlak. Rakyat akan memilih tenang dengan memberikan kesempatan AKP kembali memimpin.  (msa/dakwatuna)

Sumber: Rassd

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization