Topic
Home / Berita / Daerah / Tingkatkan Perekonomian Warga, RZ Berdayakan 10 Peternak Lewat Gaduh Domba

Tingkatkan Perekonomian Warga, RZ Berdayakan 10 Peternak Lewat Gaduh Domba

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peternak domba binaan Rumah Zakat.  (Rena/rz)
Peternak domba binaan Rumah Zakat. (Rena/rz)

dakwatuna.com – Bandung. RZ (Rumah Zakat) bantu 10 peternak melalui program gaduh domba di wilayah ICD (Intergrated Community Development), Mekarwangi, Kec Lembang, Kab Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kemandirian warga desa Mekarwangi dalam meningkatkan perekonomian di wilayahnya.

Semua  peternak masing-masing diberi 6 ekor domba, terdiri dari 1 ekor jantan dan 5 ekor betina. Dari 6 ekor yang diberikan, nantinya dipelihara hingga domba-domba tersebut berkembangbiak, menghasilkan anakan. Anakan inilah yang akan menjadi milik para penerima manfaat.

Di program gaduh domba ini, warga diberikan penyuluhan dan berbagai wawasan mengenai bagaimana cara memelihara dan merawat domba dengan baik. Mulai dari menjaga kesehatan domba, memberi makanan sehat untuk domba hingga menciptakan bibit yang unggul dan berkualitas.

“Beberapa kendala yang sering ditemukan warga, diantaranya domba yang sakit, minimnya makanan domba jika musim kemarau, serta terbatasnya tanah untuk kandang domba. Tetapi dengan adanya penyuluhan rutin setiap sebulan sekali ini, berbagai kendala yang ditemui di lapangan pun bisa segera diatasi,” tutur Aep Saepudin, koordinator Relawan RZ, Kamis (21/04).

Salah satu warga yang merasakan manfaat dari program ini adalah Pipih Purnamasari. Domba milik Ibu dua anak yang masih duduk di bangku SD ini telah melahirkan 10 anakan dan 3 ekor berhasil dijual dengan harga memuaskan. “Program gaduh domba ini sangat membantu sekali. Kalo beli sendiri, uangnya tidak ada. Waktu itu sih saya pernah punya satu ekor domba tapi saat dijual lagi ke orang malah rugi, belum lagi kalo domba yang dibeli malah mati,” ungkap Pipih.

Selain program gaduh domba, RZ juga menyalurkan beasiswa, bantuan ekonomi serta mendirikan masjid. Kedepannya, pembinaan dari RZ ini terus diadakan karena sangat bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan warga. (rana/rz/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Organization