Topic
Home / Berita / Nasional / Khianati Ratusan Ribu Orang, Menteri Anies Laporkan Pembocor Soal UN ke Bareskrim

Khianati Ratusan Ribu Orang, Menteri Anies Laporkan Pembocor Soal UN ke Bareskrim

Mendikbud Anies Baswedan. (liputan6.com)
Mendikbud Anies Baswedan. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Mendikbud Anies Baswedan meminta agar pelaku pembocoran itu harus dihukum berat sesuai aturan. Dia juga meminta agar kasus tersebut bisa diusut tuntas.

“Karenanya saya mengatakan ini proses hukum tidak bisa dikecualikan. Begitu ditemukan, langkah pertama kita adalah dalam waktu hitungan jam segera mengirimkam surat ke Bareskrim ke Wakapolri. Saya bicara langsung dengan Pak Wakapolri, Plt Kapolri untuk memproses ini dan langsung memproses. Jadi kita sejauh ini sudah, saya tadi sebelum datang ke sini sudah bicara dengan Pak Kabareskrim sudah diproses. Ini semua dan praktis sudah diketahui sumber-sumbernya dan lain-lain,” ujar Anies di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/15) sebagaimana dikutip dari detik.com

Anie mengakui akibat ulah 1 orang, pelaksanaan UN kali ini menjadi tidak sempurna. Ada sekitar 700 ribu orang mulai dari guru hingga kepala sekolah yang bekerja keras mengawal soal UN. Namun kerja keras itu tercoreng karena ada 1 orang yang berkhianat membocorkan soal.

“Saya mengapresiasi sekali guru-guru, kepala sekolah yang jumlahnya lebih dari 700 ribu yang mengawasi. Dan mereka menjaga itu dengan perasaan amanah. Karena itu ketika ditemukan ada 1 orang yang menggunggah soal, dia mengkhianati ratusan ribu guru yang bekerja melindungi kerahasiaan,” kata Anies.

“Bayangkan, saya datang pagi-pagi guru-guru itu sudah bangun jam 3 pagi karena jam 4 pagi mereka sudah berada di rayon-rayon ambil soal. Dan mereka jaga itu dengan hati-hati, dengan amanah. Karena ini adalah rahasia. Lalu ada 1 orang yang mengupload itu. Jadi 1 orang ini bukan sekedar membocorkan UN, dia mengkhianati ratusan ribu orang yang bekerja dengan disiplin. menjaga amanah itu,” tambah Anies.

Bocornya soal UN ini pertamakali diketahui setelah ada laporan dari seorang siswa SMAN 3 Yogyakarta, Muhammad Tsaqif Wismadi yang mengirimkan surat ke Universitas Gadjah Mada (UGM). (baca:  Demi Integritas dan Kejujuran, Siswa ini Berani Laporkan Kecurangan UN 2015).

Dalam surat tersebut, Tsaqif menyebutkan tautan yang memberikan bocoran soal UN. Dia juga memaparkan alasan mengirimkan surat tersebut. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Mendikbud Diminta Tidak Komentari Nobar G30S/PKI

Organization