Topic
Home / Berita / Nasional / Mendikbud Diminta Tidak Komentari Nobar G30S/PKI

Mendikbud Diminta Tidak Komentari Nobar G30S/PKI

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Jakarta. Pernyataan Mendikbud Muhadjir Effendy tentang larangan menonton film G30S/PKI di kalangan pelajar menuai protes sejumlah kalangan. Protes diajukan lantaran pernyataan tersebut bukan bidang kerja Mendikbud dan dianggap bertentangan dengan prinsip pertahanan negara.

Taufan Maulamin (dok. pribadi)

“Mendikbud tidak menguasai masalah ancaman dan pertahanan negara, jadi sebaiknya tidak usah berkomentar,” ujar Sekjen Aliansi Penyelenggaran Perguruan Tinggi (Apperti) Taufan Maulamin kepada wartawan di Jakarta pada Kamis (28/9/2017).

Menurutnya, kebangkitan PKI sudah jelas-jelas nyata, bahkan beberapa kalangan sudah memproklamirkan diri sebagai pendukung komunisme di Indonesia. Oleh sebab itu, generasi mudah harus mendapatkan informasi yang benar tentang sejarah kelam PKI di tanah air.

“Kalau pelajar justru dilarang, mereka tidak akan mengetahui bagaimana PKI dulu memperlakukan ulama dan para jenderal,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa masih banyak tugas lain yang dibebankan kepada Muhadjir Efendy sebagai menteri. Namun, menurutnya, Muhadjir malah membuat pernyataan yang kontra produktif.

“Di tengah hiruk pikuk dan nyaris gagalnya kerukunan dalam berbangsa dan bernegara ini, kurang etis jika Mendikbud malah menambah kegaduhan tata kelola elit bangsa ini,” jelasnya.

Komunisme merupakan ajaran terlarang di Indonesia sesuai dengan TAP/MPRS No 25 tahun 1966. Selain itu, larangan komunisme juga diatur dalam UU No 27 Tahun 1999 tentang Perubahan KUHP yang berkaitan dengan Kejahatan Terhadap Keamanan Negara. (sb/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Mardani: Jangan Lupa Sejarah Kelam 1956

Figure
Organization