Topic
Home / Berita / Nasional / Demi Integritas dan Kejujuran, Siswa ini Berani Laporkan Kecurangan UN 2015

Demi Integritas dan Kejujuran, Siswa ini Berani Laporkan Kecurangan UN 2015

Muhammad Tsaqif Wismadi melaporkan kecurangan UN 2015 dengan berkirim surat ke Universitas Gajah Mada (UGM).  (beritajogja.id)
Muhammad Tsaqif Wismadi melaporkan kecurangan UN 2015 dengan berkirim surat ke Universitas Gajah Mada (UGM). (beritajogja.id) 

dakwatuna.com – Jakarta.  Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Online perdana tahun ini tercorang akibat ulah oknum yang menyebarkan tautan yang memberikan bocoran soal UN.

Tidak tangung-tanggung, tingkat akurasi bocaran soal tersebut diyakini sampai 100% akurat atau sama persis dengan soal UN yang sedang dikerjakan siswa-siswi SMU khususnya jurusan IPA dan IPS.

Berita tersebarnya bocoran soal UN ini diketahui setelah seorang siswa peserta UN dari SMAN 3 Yogyakarta, Muhammad Tsaqif Wismadi mengirimkan surat ke Universitas Gadjah Mada (UGM

“Saya merasa kasihan dengan teman saya yang ingin menjunjung tinggi integritas dan kejujuran,” kata Tsaqif, dikutip dari okezone.com, Kamis (16/4/15).

Dalam surat tersebut, Tsaqif menyebutkan tautan yang memberikan bocoran soal UN. Dia juga memaparkan alasan mengirimkan surat tersebut. Berikut bunyi surat Tsaqif:

Kepada Yth

Bapak/Ibu Pengelola email Universitas Gadjah Mada

Sebelumnya saya akan mengutarakan identitas saya, nama saya Muhammad Tsaqif Wismadi siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta yang akan lulus dan menjalani UNAS pada tahun ini (2015) . Pak/Bu saya ingin menyampaikan bahwa terjadi kebocoran soal unas , digrup sosial media angkatan kami tadi malam dari link ini

https://drive.google.com/folderview?id=0ByCf0ZC2K5Qzfl9FS2lSM18zcU91N2ZUaGdTdHR2cDE4MUgxMWMtV3FoRllpVFNoOTN5ZDg&usp=sharing

didalam link tersebut ada semua soal mata pelajaran UNAS beserta ke lima paketnya , pertamanya kami tidak percaya namun setelah menjalani unas pada hari pertama ini kami menyadari bahwa soal soal di link tersebut benar benar soal ujian nasional dengan kemiripan 100% dengan yang kami kerjakan.ekomendasi akan disalurkan ke kementrian kebudayaan dan pendidikan,

Sehubungan dengan hal itu kami siswa SMA 3 yang tidak sengaja mendapatkan soal tersebut dengan cuma cuma berasumsi bahwa pasti soal tersebut sudah beredar luas di jogja dan sekitarnya dengan sangat gampang dan tanpa dikenakan biaya, oleh karena itu kami memohon kepada Universitas Gadjah Mada untuk tidak mempertimbangkan nilai UNAS sama sekali dalam seleksi SNMPTN dengan maksut memperoleh keadilan untuk teman teman kami yang memiliki integritas diri yang tinggi dan memilih tetap mengerjakan dengan jujur walaupun sangat gampang memperoleh nilai sangat baik melalui link tersebut, dan memohon kepada pihak universitas mempertimbangkan email ini dan mempertimbangkan kembali kredibilitas dari Ujian Nasional. Terimakasih atas perhatiannya.

 

Hormat Saya

Muhammad Tsaqif Wismadi

 

Siswa lainnya, A, mengaku sudah mendapatkan bocoran soal UN sejak tiga minggu lalu. Bocoran soal UN itu dia dapatkan dari grup angkatan.

“Tersebar melalui grup google drive,” ucapnya.

Melihat keganjilan tersebut, kata A, beberapa siswa lalu melaporkan ke pihak sekolah agar segera ditindaklanjuti.

Selain kebocoran soal UN kelompok IPA, masalah juga terjadi pada UN kelompok IPS. Saat ujian bahasa Inggris, siswa menemukan petunjuk soal UN tidak sesuai dengan pertanyaan.

Keberanian Tsaqif mengundang pujian dari banyak pihak, salah satunya datang dari Wakil Rektor UGM.

Sebagaimana diberitakan oleh beritajogja.id, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Prof Iwan Dwiprahasto, memuji keberanian Muhammad Tsaqif Wismadi, siswa SMA 3 Jogjakarta yang mengirim email ke UGM terkait bocornya soal UN. Menurutnya tindakan Tsaqif tersebut merupakan bentuk kejujuran dan keberanian generasi muda.

Dia pun menjelaskan tidak perlu khawatir tentang penerimaan mahasiswa baru di UGM. Menurutnya UGM sudah menyepakati tidak menggunakan hasil UN sebagai kriteria diterima atau tidaknya mahasiswa baru.  (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Kelainan Orientasi Seksual dan Nasib Anak Indonesia

Figure
Organization