Home / Berita / Internasional / Asia / Pengamat: Arab Wajib Segera Bentuk Koalisi Sunni Hadapi Syiah Iran

Pengamat: Arab Wajib Segera Bentuk Koalisi Sunni Hadapi Syiah Iran

Presiden Yaman dan Raja Arab Saudi (islammemo.cc)
Presiden Yaman dan Raja Arab Saudi (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Iran. Pengamat terkenal Arab asal Suriah, Faishal Qasim, mendorong negara-negara Islam agar segera membentuk Koalisi Sunni untuk menghalangi Iran memanfaatkan Syiah dalam menghadapi negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Dalam artikelnya yang dimuat majalah Al-Quds Al-Araby sebagaimana dikutip Islam Memo (5/4/2015), Qasim menyalahkan sejumlah negara Arab yang memerangi kelompok-kelompok Islam Sunni yang dituduh teroris, sementara sebaliknya Iran menggunakan seluruh yang berafiliasi kepadanya di negara Arab sebagai perpanjangan tangan kekuatannya di kawasan itu.

Qasim mempertanyakan, bukankah memerangi kelompok-kelompok Sunni yang telah mengakar dan memasukkannya dalam list teroris (tanpa menyebutkan namanya) sebagai sebuah kesalahan, padahal ia berpotensi sebagai mitra dalam memangkas cengkeraman Iran?

Qasim menegaskan bahwa Iran berhasil menciptakan kekuatan minoritas Syiah di suatu negara sebagai kelompok yang kuat dan berpengaruh, sementara rezim negara-negara Arab  justru memukul mundur kelompok-kelompok Islam di negaranya masing-masing.

Lebih jauh, Qasim menyatakan bahwa sudah tiba saatnya untuk memperbaiki kesalahan, terutama setelah AS mencabut embargonya terhadap Iran.

Sejauh apapun militannya kelompok Islam Sunni, baik partai politik atau gerakan dan jemaah keagamaan, tidak akan jauh lebih membahayakan dari proyek Syiah Iran yang memusuhi negara-negara Arab di kawasan, tegasnya. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Organization