Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Menlu Amerika: Negara-negara Arab Siap Berkoalisi dengan Israel Hadapi Hamas

Menlu Amerika: Negara-negara Arab Siap Berkoalisi dengan Israel Hadapi Hamas

Menlu AS, John Kerry
Menlu AS, John Kerry

dakwatuna.com – Washington. Menteri Luar Negeri Amerika, John Kerry mengatakan, negara-negara Arab saat ini telah siap untuk berdamai dengan Israel dan kemudian berkoalisis untuk sama-sama melawan gerakan perlawanan Islam, Hamas dan ISIS.

Kerry kemudian menilai kekerasan yang terjadi di Timur Tengah saat ini telah memberikan peluang terbentuknya sebuah kekuatan kolisi negara-negara Arab yang melibatkan Israel.

Dengan merebaknya aksi terorisme di Timur Tengah, Kerry mengabarkan adanya kumpulan beberapa negara di Timur Tengah yang memiliki kesepahaman melawan radikalisme seperti yang dipahami oleh Amerika.

Kerry tidak menyebutkan negara Arab mana saja yang ia maksud, namun ia memastikan negara-negara tersebut sudah menjalin perdamaian dengan Israel. Kedepannya, menurut Menlu AS ini, bersama Israel, negara-negara Arab itu akan bahu-membahu dalam menghadapi teroris seperti Hamas, ISIS, Organisiasi Pembebasan Syam (salah satu faksi Oposisi di Suriah) dan juga Kelompok Bokoharam yang ada di Nigeria.

Terkait sikap negerinya, Kerry menjelaskan, Amerika telah mempin Alinasi Internasional sejak Agustus lalu dan melakukan serangan udara ke beberapa titik wilayah yang dikuasai ISIS, khususnya setelah organisiasi teroris itu berhasil menguasai wilayah Iraq dan Suriah.

Para diplomat Amerika sebelumnya mengungkapkan, bahwa Kerry akan melanjutkan kembali pembicaraan damai antara Palestina dan Israel, setelah hal tersebut terhenti sejak April 2014 lalu karena agresi militer yang dilancarkan Israel terhadap Jalur Gaza. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization