Home / Berita / Internasional / Amerika / Hasil Percobaan Vaksin Ebola di AS “Menjanjikan”

Hasil Percobaan Vaksin Ebola di AS “Menjanjikan”

Pemakaman korban virus Ebola di Afrika (bbc.co.uk)
Pemakaman korban virus Ebola di Afrika (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Uji coba vaksin Ebola pertama yang dilakukan kepada manusia menunjukan bahwa vaksin itu aman dan bisa membantu sistem kekebalan tubuh mengatasi virus.

Sebanyak 20 orang relawan melakukan imunisasi di Amerika Serikat dan para ilmuwan dari Institut Kesehatan Nasional (NIH) mengatakan hasilnya “menjanjikan.”

Penelitian ini diterbitkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM). Tak satu pun dari mereka yang diimunisasi mengalami efek samping dan semua menghasilkan antibodi.

Anthony Fauci dari NIH mengatakan kepada BBC (27/11/2014), “Dilihat dari faktor keselamatan dan kemampuan untuk menghasilkan respon imun yang tepat, kita dapat mengatakan uji coba ini sukses wajar tanpa pengecualian, meskipun itu adalah fase awal, satu percobaan.”

Para relawan dibagi menjadi dua kelompok untuk menerima dosis rendah atau tinggi. Respon antibodi yang lebih kuat tercatat di antara mereka yang menerima dosis lebih tinggi.

Para peneliti menemukan bahwa tujuh orang yang diberikan dosis tinggi dan dua relawan dosis rendah menghasilkan respon imun sel T, yang mungkin penting untuk melindungi tubuh dari virus Ebola.

Ada empat percobaan yang berlangsung terhadap vaksin eksperimental ini dan juga dilakukan di Oxford, Mali, dan Swiss. Jika hasilnya positif, jenis vaksin monovalen ini akan ditawarkan kepada ribuan pekerja kesehatan di Afrika barat. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Rawan Imigran, Trump Kirim Ribuan Tentara ke Perbatasan