Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ratusan Da’i dan Ulama se-Asia Tenggara Deklarasikan Organisasi Bersama

Ratusan Da’i dan Ulama se-Asia Tenggara Deklarasikan Organisasi Bersama

Dai dan Ulama (inet).  (tribunnews.com)
Dai dan Ulama (inet). (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Sejumlah tokoh agama Islam dari negara-negara di Asia Tenggara akan mendeklarasikan ikatan ulama dan da’i sekaligus menyelenggarakan muktamar pertamanya di Depok, Jawa Barat pada 28-29 November 2014 mendatang.

“Deklarasi sekaligus muktamar ┬áIkatan Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara ini untuk menegaskan eksistensi keteladanan ulama Islam serta sebagai wadah konsolidasi para ulama dan da’i,” kata inisiator konferensi Muhammad Zaitun Rasmin, Ahad (23/11/14).

Menurut dia, acara ini akan dihadiri oleh ratusan peserta dari kalangan ulama dan da’i dari negara-negara ASEAN dan Timor Leste. Tema yang diusung ialah “Membangun Peradaban Asia Tenggara dengan Prinsip Moderat”.

Para tokoh yang dijadwalkan hadir antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Hamzah Zainuddin, Gubernur Jawa Barat Akhmad Heryawan, tokoh Islam dari Thailand Ismail Luthfi, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin, serta Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid yang akan menjadi pembicara utama.

Zaitun menjelaskan, dasar pemikiran dan pertimbangan dideklarasikannya organisasi ini bahwa kehadiran ulama dan da’i di tengah umat Islam sebagai referensi nyata masih terus berlangsung.

“Pada saat legitimasi umat Islam menurun terhadap ketokohan semu, maka nilai-nilai agama Islam hanya dianggap sebagai pemanis untuk sebuah kepentingan,” katanya.

Ulama dan da’i sebagai pendakwah yang menyerukan nilai-nilai kebenaran, kata dia, diharapkan dapat menjadi tokoh panutan masyarakat muslim.

Ditambah dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan integritas tinggi dari ulama dan da’i, menurut dia, diharapkan dapat memberikan solusi kepada umat Islam dalam pencarian terhadap figur pemimpin ideal. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Lagi, Pemerintah Saudi Dikabarkan Tangkap Syaikh Mohsen Al-Awaji

Figure
Organization