Topic
Home / Berita / Nasional / Terkait Video Hariri, MUI Minta Tabayun dan Klarifikasi

Terkait Video Hariri, MUI Minta Tabayun dan Klarifikasi

Ketua MUI Pusat, KH Amidhan
Ketua MUI Pusat, KH Amidhan

dakwatuna.com – Jakarta. Dalam Islam diajarkan untuk senantiasa melakukan tabayun dan klarifikasi terhadap berita yang diterima untuk memastikan kebenaran berita tersebut.

Demikian pula terhadap beredarnya video ustadz Hariri yang terlihat menginjak dan memarahi jamaahnya.

Oleh karena itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan meminta Ketua MUI Kabupaten Bandung diminta untuk memberikan klarifikasi termasuk menanyakan alasannya melakukan tindakan seperti yang terekam video salah seorang jamaah tersebut.

“Ketua MUI di daerah tersebut harus melakukan tabayun dan klarifikasi kepada yang bersangkutan. Apa alasannya melakukan hal itu?” tutur Amidhan ketika dihubungi, Rabu (12/2) malam.

“Cara-cara yang seperti itu adalah cara-cara kekerasan sangat menyalahi aturan dan metode dakwah yang islam ajarkan,” tutur Amidhan.

Menurut Amidhan, ada dua metode dakwah yang dilarang bagi muballigh ketika berceramah. “Ada dua cara yang menyimpang. Dagelan yang berlebihan karena itu menunjukkan tidak serius. Kedua dengan cara kekerasan yang seperti itu,” tuturnya.

Sudah seharusnya segera dilakukan tabayun guna memastikan kebenaran dan alasan tindakan tersebut dilakukan, agar permasalahan tersebut tidak berkembang menjadi fitnah. (rol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Dewan Pengawas Syariah LAZNAS Seluruh Indonesia Gelar Silaturahim Bersama di Jakarta

Figure
Organization