Topic
Home / Berita / Nasional / Amerika: Indonesia Tidak Adil Karena Batas Ekspor AS dan Lindungi Petani Indonesia

Amerika: Indonesia Tidak Adil Karena Batas Ekspor AS dan Lindungi Petani Indonesia

Ilustrasi (harianberita)
Ilustrasi (harianberita)

dakwatuna.com – Amerika Serikat (AS) kembali mengancam Indonesia ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) jika tidak mencabut kebijakan pembatasan impor hortikultura dan daging.

Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan, Amerika Serikat berencana membuat panel sengketa perdagangan di WTO dalam waktu dekat.

“Per tanggal 26 Maret ini Amerika Serikat meminta dibentuk panel di WTO, tetapi Indonesia masih punya kesempatan untuk menahan panel,” kata Iman saat melakukan jumpa pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Tetapi tentunya, kata Iman, pemerintah akan terus merespons tuduhan AS terhadap Indonesia. AS pernah menyatakan Indonesia telah membuat kebijakan impor yang tidak adil, karena membatasi ekspor Amerika Serikat, dan melindungi petani Indonesia.

“Tetapi tentunya Indonesia akan coba merespons sedemikian rupa, terutama kita akan mencoba sebaik-baiknya merespons tuduhan Amerika tapi tanpa mengubah kepentingan kita sendiri. Jika satu bulan setelah itu kalau mereka kemudian tidak ada perkembangan yang baik tentunya akan dibentuk panel,” katanya.

Terkait kebijakan pembatasan impor, Iman berkilah, kebijakan yang diambil murni karena ingin mengembangkan potensi domestik baik produk hortikultura maupun daging.

“Bahwa ini kan ekonomi yang sedang tumbuh kita perlu tempat untuk mengembangkan ekonomi kita yang lebih jauh lagi ini dengan komoditas baik itu hortikultura, daging dan lain-lain,” cetusnya.

Kebijakan pemerintah Indonesia menahan impor daging dan buah telah membuat petani dan peternak AS kehilangan pasar, karena selama ini Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar produk buah dan daging asal AS. (wij/dnl/detikfinance)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 8,47 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization