Home / Berita / Nasional / Busyro: Kemenag dan Ormas Islam Gagal Pandu Jamaah Haji

Busyro: Kemenag dan Ormas Islam Gagal Pandu Jamaah Haji

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas. (inet)

dakwatuna.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, menilai Kementerian Agama (Kemenag) dan Ormas Islam gagal memandu manasik (tata cara) haji. Akibatnya, jamaah haji yang kembali ke Tanah Air tak mampu melawan godaan korupsi.

“Depag (Departemen Agama) dan Ormas Islam gagal memandu manasik haji yang sangat fikih sekali. Ini salah satu ketandusan Depag dan Ormas Islam,” kata Busyro melalui pesan singkatnya, Selasa (13/11).

Busyro mencontohkan kegagalan itu, misalnya orang naik haji gagal menemukan makna simbolik tentang filosofi lempar jumrah (lempar batu ke setan). Setelah pulang ke Tanah Air, mereka tak mampu menangkap makna simbolik lempar jumrah tadi.

“Padahal banyak sekali jumrah ekonomi, budaya, dan jumrah politik yang seharusnya dilempari. Maka korupsi semakin meluas walaupun ada upaya pemberantasan. katanya.

Di sisi lain, kata dia, tokoh Islam mengalami ketumpulan beragama. Mereka menjadikan agama untuk alat berebut kursi organisasi masyarakat dan organisasi politik. “Inilah era pendustaan agama secara masif,” kata Busyro. (Dewi Mardiani/Muhammad Hafil/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Besok, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan dan Rukyatul Hilal di 34 Provinsi

Figure
Organization