Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Juara ke-3 Hifzhi Al-Qur’an al-Karim wa Tajwidih Internasional

Indonesia Juara ke-3 Hifzhi Al-Qur’an al-Karim wa Tajwidih Internasional

Muhammad Nazri (Kemlu/KBRI Tunis)

dakwatuna.com – Muhammad Nazri dari Indonesia berhasil meraih juara 3 hafal Al-Qur’an dalam ajang Jaizat Tunis al-‘Alamiyah al-Uwlaa fi Hifzhi al-Quran al-Karim wa Tajwidih atau Lomba Menghafal dan Tajwid Al-Quran Internasional Pertama Tunisia yang berlangsung pada 12-16 Ramadhan 1432 H atau 12-16 Agustus 2011 di Tunis.

Ajang tersebut dibuka oleh Menteri Agama Tunisia, Laroussi Mizouri, pada 12 Agustus di Auditorium Gedung Perpustakaan Nasional, Tunis.

Mizouri mengungkapkan arti penting acara tersebut sebagai ajang kompetisi internasional pertama bidang keagamaan sejak pecahnya Revolusi Tunisia awal tahun ini, yang merupakan satu tahapan penting dalam kehidupan bernegara di Tunisia.

Dikatakannya, ajang pertemuan internasional ini menerjemahkan kembali kekhasan budaya Tunisia sebagai negara yang telah ikut menyumbangkan nilai-nilai Islam yang mulia dalam sejarah peradaban dunia, yang mengejewantah dalam sejarah Kota Kairaouan dan Ez-Zaitunah.

Ajang ini diikuti oleh 30 peserta yang datang dari 21 negara mayoritas muslim, ditambah Rusia dan Yunani. Wakil Indonesia merupakan satu-satunya peserta dari negara Asia yang bukan berasal dari Timur Tengah.

Dua kategori yang dipertandingkan pada ajang ini adalah lomba menghafal al-Quran dan lomba membaca (tartil) al-Quran beserta tajwidnya. Indonesia diwakili oleh Muhammad Nazri, pemuda yang berasal dari Tanjung Balai, Asahan, Sumatra Utara ini sudah mulai menghafal al-Quran sejak duduk di kelas dua SMP.

Saat melanjutkan studi di IAIN Sumatra Utara di Medan, letak kampus dan tempat tinggal yang tidak jauh dari Islamic Center Medan memotivasi dia untuk melanjutkan usahanya belajar menghafal al-Quran hingga khatam 30 juz. Dalam kompetisi menghafal al-Quran pada STQ Nasional di Banjarmasin yang lalu, Nazri berhasil memenangkan hadiah ketiga. (Kemlu/KBRI Tunis)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 9.63 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization