Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Presiden Iran: Sanksi Tambahan Takkan Lukai Iran

Presiden Iran: Sanksi Tambahan Takkan Lukai Iran

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad (Getty Images)

dakwatuna.com – Washington. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Rabu, mengatakan ke televisi AS bahwa sanksi tambahan takkan melukai Republik Islam itu, sedangkan negara Barat mendesak diberlakukannya sanksi lebih keras terhadap program nuklir Teheran.

“Negara kami tak memerlukan Amerika Serikat sama sekali,” kata Ahmadinejad kepada NBC News dalam satu wawancara yang dilakukan di ib ukota Iran, Teheran, dan diudarakan di Amerika Serikat, Rabu malam, sebagaimana dikutip dari AFP.

“Sekalipun pemerintah AS meningkatkan sanksi … 10 kali lagi, dan bahkan (jika) negara-negara Eropa bergabung dengan Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat, kami di Iran tetap berada pada posisi untuk memenuhi kebutuhan kami sendiri,” kata Presiden Iran tersebut.

Malah, Presiden Iran itu mendesak badan pengawas nuklir PBB untuk menyelidiki musuh bebuyutan Teheran, Israel, sehubungan dengan dugaan simpanan senjata nuklirnya.

“Mereka memiliki senjata nuklir, dan mereka terus mengancam tetangga mereka,” kata Ahmadinejad. “Dan dalam satu tahun belakangan, mereka mengancam Iran lebih dari 10 kali.”

Rabu pagi, Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice mendesak diberlakukannya sanksi lebih keras atas Iran dan mengatakan Republik Islam tersebut “menolak untuk menangani keprihatinan penyebaran kami dan tampak bertekad untuk memiliki senjata nuklir”.

Di tengah gelombang keprihatinan baru internasional mengenai kegiatan Iran, Inggris dan Prancis juga mengatakan makin banyak negara harus memberi laporan tentang bagaimana mereka menerapkan empat babak sanksi yang dijatuhkan oleh Dewan Keamanan PBB.

Seorang pejabat AS mengatakan para diplomat dari enam negara besar yang memantau program nuklir Iran akan bertemu pekan depan di New York, Amerika Serikat, hanya sedikit lebih dari tiga bulan setelah sanksi paling akhir Dewan Keamanan PBB atas Iran sehubungan dengan program nuklirnya, yang kontroversial. (ANT/A024/ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 9.83 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization