Topic
Home / Berita / Rilis Pers / PKPU Kirim Relawan ke Pakistan

PKPU Kirim Relawan ke Pakistan

Logo PKPU

dakwatuna.com – Jakarta. Bencana banjir yang terjadi di Pakistan mengundang perhatian dunia internasional. Pemerintah dan lembaga kemanusiaan dari berbagai Negara, termasuk Indonesia tergerak menawarkan bantuan kemanusiaan. Pasalnya bencana banjir Pakistan kali ini sangat tragis.

Pernyataan resmi Kedutaan Besar Republik Islam Pakistan di Jakarta, Jumat, 20 Agustus 2010 menyebutkan, bencana banjir yang melanda sebagian wilayah Pakistan telah mengakibatkan lebih dari 1.600 orang meninggal dunia, 330 jembatan tersapu bersih, dan lebih dari 75.000 rumah hancur. Secara keseluruhan hampir 20 juta orang di Negara berpenduduk lebih dari 90 persen muslim itu kehilangan tempat tinggal. Lebih dari 500.000 ton stok/cadangan gandum juga musnah.

Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Sanaullah, menyebutkan bahwa banjir besar yang melanda Pakistan diluar kapasitas Negara untuk bisa dengan cepat memenuhi kebutuhan jangka panjang para korban banjir. Merespon pernyataan tersebut, lembaga kemanusiaan nasional PKPU dan sejumlah lembaga kemanusiaan Indonesia lainnya, berinisiatif mengirimkan bantuan dan relawan untuk membantu korban banjir di Pakistan.

Bernaung di bawah Indonesia Care for Pakistan, PKPU akan mengirimkan dua orang relawan, yakni Ir. Muhammad Yasin (Manajer Rescue/CBDRM PKPU) dan Teguh Arief Septyawan (Jaringan dan logistik PKPU). Keduanya akan diberangkatkan hari Rabu (25/8/2010) esok pukul 13.30 WIB.

Direktur Pendayagunaan PKPU Tomy Hendrajati mengatakan, PKPU akan membantu korban banjir Pakistan dalam beberapa aksi. Pertama, menyalurkan bantuan yang dihimpun PKPU dari para dermawan, donatur, dan mitra PKPU. Kedua, PKPU akan membantu evakuasi warga yang masih terjebak dalam banjir. “Aksi ini bekerjasama dengan mitra PKPU yang sudah lebih dahulu terjun di sana,” kata Tomy saat melakukan konferensi pers, Selasa (24/8/2010) di Jakarta.

Tomy mengemukakan, target kegiatan evakusi tersebut adalah kelompok renta seperti anak-anak, balita, dan kaum perempuan. Ketiga, memberikan bantuan langsung berupa pembuatan dapur umum. “Aksi ini dilakukan bekersama dengan mitra NGO Internasional, jaringan lokal, serta relawan mahasiswa Indonesia di Pakistan.

PKPU menghimbau dan mengajak masyarakat yang ingin membantu meringkankan beban bagi saudara muslim di Pakistan yang terkena bencana banjir. Kontak PKPU di nomor 0804 100 2000 (nomor Nasional) atau transfer melalui rekening BCA No. 600.034.7777, Bank Mandiri 126.000.1005.114 atas nama PKPU.

Untuk informasi kegiatan dapat menghubungi hubungi:
Tomy Hendrajati – Direktur Program PKPU Hp. 0811979783

(rilis)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 9.50 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ini Negara Pertama yang Dikunjungi Putra Mahkota Saudi Tahun 2019

Figure
Organization