Topic
Home / Berita / PBB: Israel Kembali Arogan di Gaza

PBB: Israel Kembali Arogan di Gaza

kawat berduri di gazadakwatuna.com – Gaza, Sebuah laporan yang dikeluarkan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di wilayah Palestina (Oca) menyebutkan Israel melanjutkan kebijakanya terapkan peraturan di Gaza yang melarangan hak hidup rakyat Palestina.

Koresponden kantor berita Jerman Deutsche Presse Agentur (DPA) pada Ahad (28/6) menyebutkan, berlanjutnya operasi militer di Jalur Gaza antara 17 hingga 23 Juni kemarin dalam rangka penerapan peraturan bagi warga Palestina, agar tidak memasuki wilayah isolasi sejauh 300 dari perbatasan. Mereka akan ditembak di tempat jika melampaui wilayah tersebut.

Berdasarkan peraturan ini, sejumlah nelayan Gaza hingga saat ini belum bisa mengambil ikan, kecuali pada batas 3 mil di sepanjang pantai Gaza atau sejuah 38 km dari garis pantai. Polisi laut Israel akan langsung menembaki para nelayan, jika kedapatan mereka melampaui garis tersebut.

Sebelumnya tentara Zionis menangkap empat nelayaan asal Gaza dan merampas kapal mereka.

Disebutkan pihak PBB telah merampungkan proyek rehabilitasi jaringan air yang akan mengayomi 9900 warga Palestina yang tinggal di wilayah Shaifa. Namun masih ada sekitar 18.000 warga lainya yang tinggal di Zaitun di selatan Gaza, Izbat Abed Rabbih di sebelah utara Gaza yang hidup tanpa sambungan pipa air.

Laporan ini juga menyebutkan, Jalur Gaza mengalami kelangkaan gas untuk masak. Bahkan disebagian wilayah sejumlah distributaor gas gulung tikar. Hingga kini pemerintah Zionis masih terus menerapkan larangan pasokan bensin dan solar, sejak 2 November 2008, kecuali jumlah yang sangat terbatas untuk keperluan kemanusiaan.

Sementara itu, perusahaan distribusi Listrik di Gaza mengumumkan pihaknya kekurangan 400 jenis suku cadang selain 150 jenis lainya. Akibatnya, mereka tidak dapat memasok kebutuhan listrik untuk kota dan bagian utara Gaza. (asy/infopalestina)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 9.36 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization