Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Cara Rasulullah Memakai Sandal

Cara Rasulullah Memakai Sandal

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Jika Anda memakai sandal atau sepatu, mulailah dengan menggunakan yang sebelah kanan. Begitu juga ketika memakai pakaian. Ini perlu Anda lakukan jika ingin mengikuti sunnah Rasulullah saw. Dengan mendahulukan yang kanan saat Anda memakai sandal, berarti Anda telah menjadi muslim yang konsisten untuk senantiasa meniru perbuatan dan perilaku Rasulullah saw. Artinya, Anda telah mengaplikasikan syahadat Anda: saya bersaksi bahwa Muhammad itu pesuruh Allah.

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Jika salah seorang di antaramu memakai sandal, hendaklah memulai dengan (kaki) kanannya, dan apabila (akan) melepasnya, hendaknya memulai dengan kaki kirinya. Dan hendaknya (sandal/sepatu) kanan yang pertama kali dipakai dan yang paling akhir dilepas.”

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (43 votes, average: 9,53 out of 5)
Loading...
Avatar
Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosah Islamiyah Al-Hikmah. Sempat belajar bahasa Arab selama musim panas di Universitas Ummul Qura', Mekkah, Arab Saudi.Bapak empat orang anak ini pernah menjadi redaktur Majalah Wanita UMMI sebelum menjadi jabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Politik dan Dakwah SAKSI. Ia juga ikut membidani penerbitan Tabloid Depok Post, Pasarmuslim Free Magazine, Buletin Nida'ul Anwar, dan Majalah Profetik. Jauh sebelumnya ketika masih duduk di bangku SMA, ia menjadi redaktur Buletin Al-Ikhwan.Bugi, yang ikut membidani lahirnya grup pecinta alam Gibraltar Outbound Adventure ini, ikut mengkonsep pendirian Majelis Pesantren dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) dan tercatat sebagai salah seorang pengurus. Ia juga Sekretaris Yayasan Rumah Tafsir Al-Husna, yayasan yang dipimpin oleh Ustadz Amir Faishol Fath.

Lihat Juga

Apakah Rasulullah SAW Menafsirkan Semua Ayat Al-Quran?

Organization