Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakah Rumah Saya di Tingkat 2 Tanpa Membongkar Lantai 1?

Bisakah Rumah Saya di Tingkat 2 Tanpa Membongkar Lantai 1?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Renovasi Rumah

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan Arsitek, saya ingin merenovasi rumah saya. Karena kecil maka saya ingin membuat nya menjadi 2 lantai. Nah, agar hemat, bisa tidak lantai 1 nya tidak di bongkar ? Jadi langsung saja di tumpuk lantai 2 di atas nya.

Kebutuhan saya di lantai 2 adalah ruang tidur utama plus wc di dalam nya, ruang tidur anak, gudang/ruang pelayan, ruang cuci jemur dan wc cuci serta ruang duduk/ruang keluarga. Jangan lupa ada void ke bawah. Walaupun kecil juga tidak mengapa.

Demikian pertanyaan kami Pak Andan, terima kasih atas tanggapannya. Silakan cek langsung ke lapangan jika ada waktu.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Akim – Jakarta Selatan

 

Jawaban:

 

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Akim yang saya hormati, terima kasih atas kepercayaannya untuk membuat desain rumah bapak. Karena Pak Akim adalah klien ke 3 saya dari sebuah perusahaan otomotif. Turun temurun dari mulut ke mulut mulai dari Mbak Fatimah hingga Bu Vita. Alhamdulillah teman – teman percaya dengan desain dan solusi hemat yang saya berikan.

Pak Akim, sungguh indah alamat email dan nama bapak. Aqimis Solah. Artinya menegakkan shalat. Semoga menjadi pengingat bagi kita semua. Bahwa shalat bukan hanya dikerjakan, tapi harus di tegakkan. Karena makna di tegakkan bisa berarti juga kita harus menyiarkan atau memperjuangkan pelaksanaan shalat itu sendiri.

Netters sekalian, setelah saya lihat dan kunjungi rumah Pak Akim, maka memang paling hemat tidak membongkar lantai satu. Karena memang lahan terbatas dan dana juga terbatas. Hingga saya hanya menumpuk lantai 2 tepat di atas lantai 1.

Ruang tidur utama saya letakkan di atas carport. Karena area ini paling lapang. Struktur nya bisa mandiri menggantung di atas carport. Selain itu jalur air kamar mandi utama juga bisa ikut kamar mandi bawah. Di sebelah ruang tidur utama saya selipkan ruang tidur anak. Posisi nya bersebelahan. Hingga jika ingin membuat pintu sambung bisa dilakukan melalui tembok yang berbatasan.

Service area saya sembunyikan di sisi kiri rumah. Karena pintu masuk utama justru dari arah carport. Hingga penampilan rumah jadi bagus. Selain itu saya juga bisa membuka atap transparan untuk cuci jemur tanpa harus terlihat dari luar.

Netters sekalian, bagian bawah rumah memang ada yang harus dikorbankan. Yaitu ruang tidur yang ada di belakang. Ia saya ubah jadi ruang keluarga. Lalu taman dan pintu belakang saya buang juga. Saya buat lapang saja lantai 1 nya. Hingga rumah yang sempit ini masih tetap terasa luas.

Dudukan teras  lama saya buat balkon. Hingga muka rumah nampak lebih segar. Balkon juga berfungsi sebagai area tambahan ruang karena memang rumah ini kecil, hingga perlu ruang tambahan agar tidak jenuh di rumah.

Alhamdulillah, jadi sudah renovasi rumah hemat ini. Genteng lama bisa saya pakai lagi. Semua kusen lama di bawah tetap terpakai. Tiang teras lama juga tetap ada. Sirkulasi hawa tetap mengalir segar karena ada void dan lubang hawa dari talang belakang. Hingga rumah ini tidak hanya tampil cantik dan segar, namun ia juga sehat dan murah biaya.

Demikian jumpa kita via konsultasi on line. Semoga bermanfaat. Semoga silaturahim kita membawa keberkahan. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST   –   0813  1901  0400   ( wa only )

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

(SaBah/dakwatuna)

akim-ds-1-bangkok-denah-awalakim-ds-2-bangkok-denah-lt-1-view-5akim-ds-2-bangkok-denah-lt-2-view-6akim-3d-rumah-awalakim-ds-2-bangkok-int-lt-2-view-4akim-ds-2-bangkok-int-lt-1-view-3akim-ds-2-bangkok-eks-view-10akim-ds-2-bangkok-eks-view-7Renovasi Rumah

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Pilih Rumah Minimalis Atau Klasik?

Organization