Home / Berita / Internasional / Afrika / Aksi Boko Haram Sebabkan 116 Ribu Orang Mengungsi

Aksi Boko Haram Sebabkan 116 Ribu Orang Mengungsi

Pengungsi Nigeria (Anadolu)
Pengungsi Nigeria (Anadolu)

dakwatuna.com – Lagos. Sekitar 116 ribu orang mengungsi di negara bagian Yuba yang terletak di bagian timur laut Nigeria. Mereka meninggalkan tempat tinggal mereka untuk menyelamatkan diri dari aksi-aksi Boko Haram, sebuah kelompok bersenjata di Nigeria yang mengatasnamakan Islam.

Koordinator lembaga penanggulangan keadaan darurat, Mohammed Qanar, seperti dilansir Anadolu, Selasa (7/10/2014) hari ini, mengatakan bahwa para pengungsi itu saat ini berada di kamp pengungsian Damaturu, ibu kota Yuba. Menurutnya, pemerintah juga telah membentuk komisi yang bertugas memberikan bantuan mendesak kepada mereka.

Menurutnya, hingga saat ini pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar US$ 3 juta (Rp 38 miliar). Dana itu baru diberikan untuk pengungsi di Nigeria yang merupakan negara terbesar di Afrika dalam hal jumlah penduduknya (160 juta jiwa).

Boko Haram, yang dalam bahasa Hausa berarti pendidikan Barat haram, adalah sebuah kelompok bersenjata yang didirikan pada bulan Januari 2002 oleh seseorang bernama Muhammad Yusuf. Kelompok ini mengklaim berjuang untuk menerapkan syariat Islam di seluruh negara bagian di Nigeria, hingga wilayah yang berpenduduk mayoritas Kristen. (msa/dakwatuna).

 

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ilustrasi (Inet)

Pengawas Syariah Sebagai Tantangan Perbankan Islam di Nigeria

Organization