Home / Berita / Internasional / Asia / Meski Kuota Banyak Dikurangi, Jamaah Haji Tahun Ini Diperkirakan Mencapai 3 Juta Orang

Meski Kuota Banyak Dikurangi, Jamaah Haji Tahun Ini Diperkirakan Mencapai 3 Juta Orang

Masjidil Haram - Foto: hajis.co.uk
Masjidil Haram – Foto: hajis.co.uk

dakwatuna.com – Makkah. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini mencapai 3 juta orang. Ratusan ribu jamaah berdatangan ke Makkah hari Sabtu (27/9/2014) kemarin dalam keadaan suhu Makkah sangat panas.

Hingga saat ini jumlah jamaah yang telah sampai di wilayah tanah suci sudah mencapai 2 juta orang lebih. Mereka akan memulai manasik haji pada hari Tarwiyah, Kamis depan, di Mina.

Sementara itu komando keamanan haji menyatakan telah siap penuh menghadapi segala ancaman keamanan yang mungkin saja terjadi di Makkah dan tempat-tempat suci lainnya, “Kami siap dengan intervensi efektif untuk menjaga keamanan para jamaah haji yang sedang mengunjungi Baitullah.”

Terkait pengaturan gelombang jamaah yang datang untuk melaksanakan shalat lima waktu di Masjidil Haram, pihaknya mengatakan telah menyiapkan empat jalur untuk masuk dan 4 jalur lainnya untuk keluar. Dilakukan juga pengaturan masuk dan keluar jembatan Shafa agar tidak terjadi penumpukan jamaah.

Diketahui bahwa pemerintah Saudi telah menurunkan kuota jamaah haji dalam negeri hingga 50% untuk tahun lalu dan tahun ini. Sementara untuk jamaah luar negeri, kuota mereka diturunkan hingga 20%. Pengurangan itu dilakukan karena pengerjaan renovasi dan perluasan areal masjid masih berlangsung. (msa/dakwatuna/aljazeera)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Kemenag Diminta Tingkatkan Edukasi Publik, Agar “Berhaji dari Filipina” Tidak Terulang