Home / Berita / Daerah / Ormas Hindu Bali: Pelarangan Peci dan Kerudung di Bali Bertentangan dengan Ajaran Hindu

Ormas Hindu Bali: Pelarangan Peci dan Kerudung di Bali Bertentangan dengan Ajaran Hindu

Ilustrasi - Umat Islam di Bali. (ROL)
Ilustrasi – Umat Islam di Bali. (ROL)

dakwatuna.comPengurus harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), IDG Ngurah Utama, mengecam sikap intoleransi yang telah terjadi di Bali. Menurut dia, ajaran Hindu itu sangat mengedepankan toleransi kepada semua pihak.

Ia mengaku sangat menyesalkan telah terjadi aksi intoleransi yang dilakukan sekelompok masyarakat dengan mengatasnamakan umat Hindu. Kecaman ini disampaikan terkait dengan adanya pelarangan penggunaan peci dan kerudung di Bali belum lama ini.

“Hindu memiliki ajaran yang disebut om basudewa kumtubakam yang artinya seluruh umat manusia adalah bersaudara. Dengan adanya sikap pelarangan atribut keagamaan di Bali oleh sekelompok orang itu tentunya sangat bertentangan dengan ajaran Hindu,” katanya sebagaimana yang diberitakan situs Republika Online, Sabtu (23/8/2014).

Sejak dulu, kata dia, umat Islam dan Hindu telah hidup berdampingan secara damai di Bali. Meski menjadi minoritas, katanya, umat Islam diperbolehkan menggunakan atribut keagamaan, mendirikan masjid dan berkegiatan keagamaan di tanah Bali.

Jika ada kelompok yang melakukan aksi intoleran terhadap umat beda keyakinan, ia menduga mereka adalah kelompok fanatik yang bukan hanya terdapat di Hindu. ”Di semua agama juga ada yang seperti itu, tidak toleran,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua Suka Duka Banjar ini. (ROL/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (17 votes, average: 7,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • Ua Pardja

    Ada kelompok yang ingin memperbesar bibit perpecahan NKRI!

  • Amaq Khangkhunk

    pada ingin begaduh ni rakyat idonesia rupanya. ….

  • abdusomad

    Berbagai cara dilakukan oleh org2 yg tdk bertangung jwb dg mengatas namakan salah satu Agama dg tujuan mengadu domba,hal itu sering terjadi untk memojokan atau menjatuhkan Umat Islam di khususnya Indonesia.
    Kadang Umat Islam diposisikan sebagai Pengganas/terorris.
    Kadang juga di adu domba dg Agama lain supaya mereka berselih paham sampai berperang antar Agama(maka hilanglah kehamoniannya dg sesama Bangsa Sendiri).
    Hal ini Anda jangan lihat pada tokoh utama dilapangan,tp yg harus Anda telusuri adalah siapa para “ELITE DI NEGRI KITA INI SBG OTAK PENEBAR FITNAH DAN MASALAH”dg memainkan para BALA KURAWA.

Lihat Juga

Kegiatan Kampung Ramadhan 1437 H di Musholla Al Amanah, Jl Dr Kusuma Atmaja 1 Renon, Denpasar, yang digelar oleh Komunitas Lingkar Peradaban mengadakan pada hari Sabtu (25/6/2016) hingga Ahad (26/6/2016). (Herdian Armandhani)

Komunitas Lingkar Peradaban Gelar Kampung Ramadhan 1473 H di Bali