Home / Berita / Nasional / Terkait Deklarasi Kemenangan, Ormas Islam Minta Semua Pihak Hargai KPU

Terkait Deklarasi Kemenangan, Ormas Islam Minta Semua Pihak Hargai KPU

Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj (antarasumbar.com)
Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj (antarasumbar.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Sebanyak 12 organisasi kemasyarakatan berbasis massa Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) meminta seluruh elemen bangsa menghargai kinerja KPU dalam rekapitulasi suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2014.
“UU mengamanatkan kepada KPU sebagai penyelenggara resmi pemilu. Hasil akhir juga ada di tangan KPU, kita semua harus menghargai itu,” kata Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj dalam keterangan persnya, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, potensi terjadinya konflik pasca pilpres masih mungkin terjadi apalagi ada salah satu capres dan cawapres yang telah mendeklarasikan kemenangan sebelum ada pengumuman resmi KPU pada 22 Juli mendatang.

“Kami menyayangkan jika ada pihak-pihak tertentu yang mendahului KPU menyatakan kemenangan capres pilihannya. Jangan lakukan itu, karena berpotensi menimbulkan gesekan di tengah masyarakat,” tambah Kiai Said.

Sekretaris Umum LPOI Luthfi A. Tamimi menambahkan pihaknya juga mengkhawatirkan adanya pihak-pihak yang mulai menyuarakan tentangan atas hasil rekapitulasi KPU jika tidak memenangkan capres dan cawapres yang didukungnnya.

“Ini yang mengkhawatirkan. Ini sama dengan melawan keputusan yang dilindungi undang-undang. Ini yang berpotensi menimbulkan kerusuhan, dan aparat baik TNI maupun Polri harus menindak tegas,” kata Luthfi tegas.

Luthfi juga mengtakan LPOI mendukung keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sudah berjanji menolak keterlibatan asing jika terjadinya perselisihan dalam keputusan akhir Pilpres 2014.

“Kami sampaikan kami di belakang Pak Presiden, menolak keterlibatan asing dalam penyelesaian masalah pilpres,” pungkasnya.

12 Ormas Islam yang tergabung dalam LPOI antara lain Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam, Al Irsyad Al Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, IKADI, Azikra, Syarikat Islam Indonesia, Al Wasliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, dan Persatuan Umat Islam. (jat]/inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Deklarasi KNSR, Warga Sumbar Siap Muliakan Etnis Rohingya