Home / Berita / Agenda Umat / PERMATA (Pesona Ramadhan Penuh Cinta) 1435 H di Kampus IPB

PERMATA (Pesona Ramadhan Penuh Cinta) 1435 H di Kampus IPB

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

agenda-umat-ramadhan-di-masjid-al-hurriyah-ipb

dakwatuna.com Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, dalam beberapa jam ke depan umat muslim akan kedatangan tamu agung yang sudah lama dirindukan ini. Bulan Ramadhan selalu menjadi kesempatan terbaik untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan meningkatkan ibadah seperti qiyamul lail, sedekah, tilawah, dan lain-lain.

Dalam rangka menjaga produktivitas Ramadhan di kampus Institut Pertanian Bogor, Lembaga Dakwah yang ada di bawah naungan DKM Al Hurriyyah Institut Pertanian Bogor berkolaborasi menyuguhkan acara-acara menarik dan penuh makna bagi warga IPB dan sekitarnya. Secara umum, rangkaian kegiatan Ramadhan di Al Hurriyyah disusun untuk menumbuhkan cinta dan mendekatkan jamaah kepada Al-Quran. Kegiatan tersebut dikemas dalam paket harian seperti buka puasa bersama setiap hari, kajian senja Ramadhan, tarawih dan tahajud, SMS tausiyah gratis, One Day One Juz, tahsin dan tahfizh spesial Ramadhan, selain itu ada juga paket spesial yang terdiri atas Ramadhan Ceria, Sakira (Pesantren Kilat Ramadhan), Borneo (Be a Good Moslem with Ramadhan Mubarok), santunan anak yatim, i’tikaf dan Idul Fitri.

Dalam memperingati datangnya Ramadhan, LDK Al Hurriyyah mengadakan tarhib Ramadhan pada 30 Juni 2014 bertajuk “Ramadhan Ceria” yang diisi oleh orasi singkat tentang keutamaan Ramadhan, pembagian amunisi tausiyah seputar Ramadhan dan jadwal imsakiyah di sekitar asrama mahasiswa TPB IPB.

Buka puasa bersama merupakan agenda rutin yang tak pernah sepi dari “para pemburu takjil”, selain gratis acara ini didahului oleh kajian senja Ramadhan dengan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya. Shalat tarawih di Al Hurriyyah tahun ini mendatangkan Ust. Afriyanto, K.Pi (Hafizh Al Quran) dan Kholifah Muhammad Ali, S.Hut, M.Si (alumni IPB dan Hafidz Al Quran). One Day One Juz, tahsin, dan tahfizh merupakan program yang disusun untuk membumikan Al-Quran di lingkungan IPB.

Yang tak kalah menarik adalah SAKIRA (Pesantren Kilat Ramadhan) 1435 H yang bertema “Ramadhan Pelangi (Penuh Lantunan Gema Illahi)” pada tanggal 5, 6, dan 13 Juli 2014 yang dipersembahkan untuk remaja muslim kelas X-XII SMA se-Bogor dan bertempat di sekitar mesjid Al Hurriyyah IPB. Acara ini bertujuan untuk mengaplikasikan Al-Quran dalam akhlak sehari-hari. Hari pertama akan diisi oleh materi, pembuatan amunisi aksi, serta mabit untuk remaja ikhwan. Hari kedua akan diisi dongeng oleh Kak Mal (pendongeng handal dan penulis buku tentang dongeng), kreativitas peserta, dan aksi. Sedangkan hari ketiga akan diisi oleh perlombaan-perlombaan menarik dan pembagian rapor. Selain mengundang Kak Mal, acara ini juga menghadirkan Kak Eko (motivator ultrasemangat) dan Ust. Waladan (ustadz kampus sekaligus bagian Humas IPB).

Pada tanggal 6 Juli 2014 juga akan ada acara seru dan menarik bagi mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor yang diberi nama Borneo (Be a Good Moslem with Ramadhan Mubarok). Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB di pelataran mesjid Al Hurriyyah IPB ini, menghadirkan Ketua DKM Al Hurriyyah IPB, Meida Sefira (aktris, mahasiswa berprestasi, penulis, pemeran Husna dalam film Ketika Cinta Bertasbih), dosen termuda lulusan terbaik IPB tahun 2003 pada usia 19 tahun 11 bulan dan merupakan pembina UKM keilmiahan Forces IPB (Dr. Anuraga Jayanegara S.Pt, M.Sc). Selain itu, akan ada performance dari juara 1 Festival Nasyid Nusantara V yaitu Easycapella, serta menghadirkan ustadz Haidar pengurus pusat One Day One Juz yang akan memberikan motivasi untuk mempelajari Al-Quran dan memberikan kiat agar Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik, kemudian ditutup dengan buka puasa bersama.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada 17 Juli 2014 kami mengadakan acara santunan bagi 1000 anak yatim dan dhuafa di 17 desa lingkar kampus. Acara ini mendapat dukungan dan respons positif dari pihak kampus dan masyarakat.

Menurut Abu Ubaidah mahasiswa jurusan Matematika IPB (2011) yang merupakan presiden marboth mesjid Al Hurriyyah, “Alhamdulillah Ramadhan kali ini mesjid Al Hurriyyah IPB mengadakan berbagai acara untuk meyemarakkan Ramadhan. Semoga dengan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menambah semangat jamaah dalam menikmati Ramadhan, karena kita tak tahu, mungkin inilah Ramadhan terakhir kita jadi perlu dipersiapkan sebaik-baiknya”. (Wulan/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 3,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Media Relations - Marketing Komunikasi Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, Alumni Manajemen Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian IPB, Jaringan Muslimah Nasional FSLDK Indonesia 2012-2015. Hobi membaca, menulis dan travel.

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Geliat Cinta Pejuang