Home / Berita / Internasional / Asia / Brunei Terapkan Syariat Islam, PBB Kecewa

Brunei Terapkan Syariat Islam, PBB Kecewa

Sultan Hassanal Bolkiah - (Foto: telegraph.co.uk)
Sultan Hassanal Bolkiah – (Foto: telegraph.co.uk)

dakwatuna.com – Bandar Seri Begawan. Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan kekecewaannya atas undang-undang kejahatan baru yang diterapkan oleh Brunei Darussalam. UU itu mengatur hukuman mati terhadap berbagai yang dianggap melanggar norma, termasuk homoseksual.

Penerapan tersebut direncanakan berlangsung pada Selasa 22 April 2014 hari ini. Selama ini Brunei dikenal sebagai negara yang menerapkan syariat Islam dalam hukumnya.

“Kami sangat prihatin tentang perubahan hukuman di Brunei Darussalam, yang akan berlaku akhir bulan ini untuk mengatur hukuman mati,” ucap Juru Bicara Komisi HAM PBB Rupert Colville, seperti dikutip Opposing Views, Selasa (22/4/2014).

Di antara pelanggaran yang termasuk diancam hukuman mati tersebut antara lain, perkosaan, perzinahan, sodomi, hubungan seksual beda agama, homoseksualitas.

Perubahan yang dilakukan ini sangat drastis dibandingkan hukum sebelumnya. Sebelumnya sanksi hubungan sesama jenis hanya mendapatkan sekira 10 tahun penjara, namun kini berubah menjadi hukum mati dengan cara dirajam atau dilempari batu hingga tewas.

Tindakan kejahatan seperti perampokan, pembunuhan, menyatakan diri non-muslim juga akan menerima hukuman yang sama.

“Ketentuan-ketentuan hukum tersebut dapat mendorong kekerasan dan diskriminasi lebih lanjut terhadap perempuan dan juga orang-orang yang memiliki orientasi seksual lainnya,” tambahnya.

Brunei lebih konservatif dari pada Malaysia dan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat Islam. Mereka membatasi secara ketat agama-agama lain dan mengilegalkan penjualan dan konsumsi alkohol. (faj/okezone/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (89 votes, average: 9,46 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Sejuki

    Lho kok PBB kecewa? Emang Hukum yang diterapkan berdasar pada aturan yg bersumber langsung dari Sang Pencipta itu salah, begitu?

    Sudah terbukti selama ini bhw hukum yg semata bersumber dari apa maunya manusia hanya menimbulkan kekacauan, diskriminasi, ketidak-adilan, amburadul di mana-mana kok masih tetap ingin diagung-agungkan? Sementara hukum Allah, Sang Pencipta langsung yg dipastikan akan membawa berkah tidak saja di dunia, tetapi juga di akhirat kok malah gak demen bahkan anti pati setengah hidup? Hmmmm…..

    Dasar congek….!!!!!

    • Rudyno Nasrial

      Mau hukum Allah atau hukum manusia yg digunakan brunei,PBB ga berhak ikut campur urusan hukum dlm negri orang lain,toh penguasa brunei tidak sdg melakukan pembantaian warganya. Bukankah pbb menjunjung tinggi kebebasan,ya bebas dong negara mau urus warganya dg hukum apa?? Kebiasaan standar ganda yg diterapkan pbb dan barat…Drpada pbb ngurusin negara brunei,lebih baik pbb urusin afrika tengah,mesir,rohingya…

      • Sejuki

        Yup. Memang begitulah mestinya. Tapi…… PBB kan memang congek. Hehehe….

  • Segala puji bagi Allah. Semoga Brunei makin sejahtera. Dan semoga Indonesia bisa segera mengikuti, menerapkan hukum Islam dalam semua aspek kehidupan. In sha’ Allah makmur.

  • Rudyno Nasrial

    Ngurusin negara orang aja kerjaannya,rumah2 rumah punya orang brunei kok dia mau nerapin hukum kayak apa utk mendidik warganya ya terserah dia. Btw kalimat “menyatakan diri non-muslim juga akan menerima hukuman yang sama.” perlu diklarifikasi apa betul maksudnya spt itu? Bukan maksudnya buat murtadin,kalopun iya ya tetap perlu diklarifikasi….

    • Sejuki

      Itu maksudnya keluar dari Islam (murtad). Memang dalam Islam sanksi seorang yg murtad, yaaaaaa…… koit.

      • Syahrul Malik

        yg koit itu seorang anak muda yg berpaling/keluar dari islam bagai busur panah dan menceritakan sesuatu tentangnya…

  • Rudyno Nasrial

    Katanya menjunjung tinggi kebebasan….ya bebas dong negara apa mau nerapin hukum spt apa….org buat warga dia kok….ngapain pbb yg repot….noh kudeta militer mesir,rohingya uruain

  • Den Ni Yan Ti

    beda judul ama isi’a

  • Arif

    الله أكبر

  • Agus Maulana

    Penambahan hukun dalam UU di brunei itu memang bagus… tapi kenapa alkohol diilegalkan untuk dijual dan di konsumsi???

    • zakky

      Diilegalkan berarti itu dilarang mas kalau dilegalkan berarti di izinkan..

    • Noer Aini Az-zahra

      Ilegal = tak resmi / terlarang = tidak di perbolehkan..
      Legal = Resmi / boleh = Tidak di larang..

      Jadi Brunei melarang peredaran / menjual belikan Alkohol ( miras )

  • Mirwan Amru Alkatiri

    maha suci allah…..salut buat brunei,indonesia kapan ya???????

    • Kuwat Santoso

      angan2 masih jauh bos… lihat saja siapa orang2 yg dipemerintahan Pro Miras jadi juara pemilu, :v

  • dudung abdul malik

    pBB itu perserikatan bandit-bandit ,yg mereka merasa paling berkuasa dan semua orang hrs tunduk padanya.smg Alloh SWT melaknat penentang2 aturan-Nya

  • Yanis Ikhlas

    nah itu Brunei bisa jadi contoh bagi Indonesia untuk membuang hukum Belanda yang gak relevan lagi dan tidak memberi efek jera samasekali

  • Vant CousLeitz

    Allahu Akbarrrr ______________ Jika saja Indonesia menerapkan seperti itu pastilah orang” pendengki bahkan orang-orang munafik menganggap indonesia mudah dirasuki paham wahabi dan takfiri_ astagrirullah….
    Rakyat Indonesia ini harus dipaksaaa …. “lebih baik memaksa masuk surga dibandingkan membiarkannya masuk neraka secara suka rela ”
    semoga indonesia bisa mencontoh Brunei Darussalam ^_^

  • CHOLIK

    SETUJU………………………….PBB SEMOGA PEGAWAI NYA MAU MASUK ISLAM SEMUA…AMIN

  • juli

    patut dicontoh buat negara yg mayoritas muslim…

  • Aci Ever

    yang bisa memenangkan orang islam ya orang islam itu sendiri bukan pbb .

  • Dadang rizaki

    SUBHANNALLAH…

  • Maya Ibra

    justru hukum ini yang layak diterapkan di indonesia karena terlalu ringanx hukuman yang didapat oleh sipelaku maka kejahatan makin merajalela di tanah pertiwi..salut buat Sultan Hassanal Bolqiah yang mengambil keputusan yang tepat untuk hukum dinegara..bangga pernah tinggal di negara brunei

  • Muhammad Randa Guruh Sumarsono

    Subhanaallah..
    Semoga Brunei makin sejahtera karna menerapkan hukum Allah SWT, Aamiin..
    Indonesia saya doain lebih menegakkan hukum Allah daripada hukum manusia

  • Sri Fatimah

    keren :)

  • maya

    kapan ya indonesiaku? sekuat dan punya pendirian seperti brunai

  • Reza Iph

    jalan terus gan g usah dengar orang kafir,,ane dukung Allahuakbar

  • Mawan Eza

    bagus hukum di brunai, islam totalitas, lihatlah negaranya maju dan makmur walaupun hanya sekecil itu, barokah.

  • Al Eko Syafriadi

    subhanallah.. jadi pengen seperti brunei..

  • lian edvantris

    semoga INDONESIA juga bisa menegakan SYARIAT ISLAM. aamiin….

  • Zaid

    seharusnya seperti itulah konsep pemerintahan modern yang sehat dan maju yang InsyaAllah diridhoi Allah SWT. dibanding HAM yang melegalkan kebebasan yang berujung kehancuran seperti membebaskan homoseksual, perzinahan, sodomi, dan sejenisnya yang terus menerus menimbulkan kerusakan genetik, mental psikologis, dan peradaban yang serendah-rendahnya. Perlu diingat bahwa isu HAM, kebebasan, emansipasi dan sejenisnya adalah tunggangan antek – antek yahudi dalam upaya melemahkan kaum muslimin untuk menguasai dunia.

  • bill nhuda

    PBB itu didalamnya didominasi oleh Yahudi dan Nasrani yang ingin menghancurkan Islam, karena kita bisa melihat hampir semua Negara mayoritas Islam mempunyai tragedi kemanusiaan seperti Mesir, Suriah, libanon, Afganistan, Palestina, belum lagi tragedi kemanusiaan di Myanmar, Afrika Tengah, tetapi PBB berdiam diri, sangat jelas PBB bukan tempat menyelesaikan masaalah bagi Dunia Islam. Jadi tidak perlu ditanggapi apabila PBB merasa kecewa atau apapun reaksinya terhadap Negara Islam yang ingin memberlakukan Hukum Syari’at dinegaranya.

  • Amril Rasyid

    Subhanallah…

  • mas_unggul

    PBB(Perserikatan Bangsat Bangsat) dalam bahasa inggris disingkat UN yang berarti (Indonesia plesetan) Untuk Nafsu :)

  • Vincent Taslim

    Sebenarny sih ga masalah mau dihukum mati dll
    yang perlu disalahkan mengapa hukuman matiny harus di rajam atau dilempar batu?
    kasian disiksa, mending sekalian tembak mati/pancung/hukuman seumur hidup
    jadi ga kesiksa. ga perlu capek2 buang tenaga

  • Mugi Santoso

    KEREN

Lihat Juga

Muslim membagi-bagikan Al-Quran di Eropa. (islammemo.cc)

Austria Larang Pembagian Al-Quran