Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Lakukan Pelanggaran HAM Serius

Israel Lakukan Pelanggaran HAM Serius

tentara israel hamdakwatuna.com – Jenewa. Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, Navanethem Pillay menyatakan, Israel telah melakukan pelanggaran HAM serius dan meminta Tel Aviv untuk segera menghentikan kegiatan pembangunan pemukiman ilegal serta membebaskan para tahanan politik Palestina.

Radio Bethlehem 2000 melaporkan pernyataan Pillay tersebut, di mana Komisi Pemantau Tetap Palestina di PBB dan sejumlah organisasi internasional saat ini sedang ada dalam pertemuan sesi ke-23 Dewan HAM yang dimulai di Jenewa, Swiss,  Senin pagi (27/5).

Dalam sambutannya, Pillay menyatakan, Israel melakukan pelanggaran berat HAM terhadap warga Palestina di wilayah-wilayah jajahan.

“Israel harus menghentikan kegiatan pembangunan pemukiman ilegal, karena hal itu adalah pelanggaran Hukum Internasional langsung dan serius,” katanya seperti dikutip IMEMC.

Wanita keturunan India tersebut juga mengatakan, Israel masih menahan sekitar 5000 warga Palestina di bawah kondisi yang sangat sulit. Dia juga menyatakan, penjajahan Israel serta prakteknya adalah ilegal.

Dewan HAM PBB, berbagai organisasi HAM, dan lembaga swadaya masyarakat sedang membahas, selama beberapa pekan mendatang, berbagai isu mengenai hak asasi manusia di negara Palestina yang masih dijajah sejak tahun 1948.

Pembahasan tersebut juga fokus terutama pada kegiatan pemukiman ilegal Israel, para tahanan Palestina, di mana mereka nantinya akan melaporkan pelanggaran-pelanggaran yang sudah dilakukan Israel.(rad/rs/mina)d

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 8,00 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PBB: Kematian Mursi Harus Diselidiki Secara Independen

Figure
Organization