Home / Berita / Internasional / Asia / Partisipasi Pemilih Meningkat, PKS Unggul di Tokyo dan Osaka

Partisipasi Pemilih Meningkat, PKS Unggul di Tokyo dan Osaka

Sukseskan Pemilu 2014 (inet) - kpu.go.id
Sukseskan Pemilu 2014 (inet) – kpu.go.id

dakwatuna.com – Tokyo. Pemilihan umum (Pemilu) legislatif tahun 2014 sudah berjalan Pesta demokrasi Indonesia 5 tahunan ini pun berlangsung meriah di negeri matahari terbit, Jepang.

Seperti di negara-negara yang lain Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menggunakan 2 metode dalam Pemilu kali ini, yaitu pencoblosan langsung di TPS dan pencoblosan melalui pos.

PPLN membuka dua TPS di 2 kota besar di Jepang yaitu TPS Tokyo dan TPS Osaka. Pencoblosan di 2 kota besar ini berlangsung serempak pada hari Minggu tanggal 6 April 2014 lalu.

Dalam rilis yang diterima dakwatuna, Bondan Setiawan selaku Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS di Jepang, Pemilu tahun ini cukup mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia di Jepang, terbukti dengan banyaknya pemilih yang datang ke TPS dibandingkan Pemilu tahun 2009.

Pada waktu Pemilu 2009, TPS Tokyo hanya dihadiri oleh 200 orang dan TPS Osaka hanya 48 orang, sedangkan pada Pemilu kali ini jumlah pemilih di TPS Tokyo 513 orang dan TPS Osaka 100 orang.

Untuk memperlancar acara Pemilu kali ini, PKS turut berpartisipasi dengan mengirimkan Saksinya di 2 TPS. Tercatat PKS mengirimkan 333 Saksinya yang tersebar di TPS-TPS Luar Negeri.

Jonny Herwan, mahasiswa Doktor di Tokyo Metropolitan University dan Aksanul Fardhi, Ahli IT di satu perusahaan di Jepang menjadi Saksi di TPS Tokyo dan Kemas Muslim Lhaksmana, mahasiswa Doktor di Kyoto University menjadi satu-satunya Saksi di TPS Osaka. Partai-partai yang lain tidak ada yang mengirimkan saksinya.

Malam ini (Rabu, 9 April 2014) bertempat di Sekolah Republik Indonesia Tokyo telah berlangsung perhitungan suara di 2 TPS.

Hasil perhitungan malam ini, seperti tahun 2004 dan 2009, PKS berhasil mempertahankan posisinya sebagai Partai no 1 di TPS Tokyo dan Osaka.

Perolehan suara di TPS Tokyo dari 513 suara yang memilih, 12 suara yang tidak sah, sedangkan dari 501 suara yang sah, PKS memperoleh 178 suara (35.5%), disusul oleh PDIP dengan 146 suara (29.1%) dan posisi ke-3 Parta Gerindra dengan perolehan  43 suara (8.6%). Ke-4 PAN dengan 39 suara dan ke-5 Partai Golkar dengan 25 suara.

Sedangkan di TPS Osaka dari 100 suara yang memilih, 5 suara yang tidak sah sedangkan dari 95 suara yang sah, PKS memeperoleh 33 suara (35%), disusul oleh PDIP dengan 27 suara (28%) dan posisi berikutnya,  Gerindra dan PAN masing-masing 8 suara dan Nasdem 6 suara. Hasil di atas hanya menampilkan 5 Besar Partai Pemenang Sementara Pemiu 2014 di Jepang.

“Mudah-mudahan kemenangan di 2 TPS ini dibarengi dengan kemenangan PKS melalui Pos” ujar Ketua TPP PKS Jepang yang sudah berdomisili di Jepang selama 14 tahun ini.

Perhitungan melalui Pos rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2014 dan 15 April 2014.

Kemenangan PKS di TPS Tokyo dan TPS Osaka membuktikan tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia kepada PKS masih besar. Tentunya PKS sebagai Partai pemenang ke 4 Nasional pada Pemilu 2009 lalu harus terus berusaha membenahi diri agar bisa menjawab harapan-harapan masyarakat Indonesia.

Acara perhitungan di TPS Tokyo dihadiri oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah seperti Tokyo, Yokohama, Saitama dll. Acara ini dimulai pukul 20:45 dan selesai pukul 23:30 Waktu Jepang.

“Menang atau kalah dalam Pemilu adalah hal yang biasa, menang atau kalah PKS Jepang akan terus berusaha melayani masyarakat Indonesia di Jepang” ujar Endrianto Djajadi selaku Ketua PIP-PKS Jepang yang juga hadir pada acara ini.

Terakhir, Ketua PIP-PKS Jepang yang sudah berdomilisi 20 tahun di Jepang ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh Warga Indonesia yang telah memberikan kepercayaannya kepada PKS, dan mudah-mudahan PKS akan lebih baik lagi di hari-hari yang  akan datang. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pilkada DKI

Tak Usung Kader Sendiri, Ini Pertimbangan PKS Usung Anies-Sandi