Home / Berita / Nasional / KPI: Iklan Kampanye dan Politik Akan Dihentikan Apa Pun Bentuknya

KPI: Iklan Kampanye dan Politik Akan Dihentikan Apa Pun Bentuknya

kpidakwatuna.com – Jakarta.  Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Rahmat M Arifin mengatakan setelah rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi I DPR dengan gugus tugas pengawasan kampanye pemilu 2014 menyepakati moratorium iklan kampanye dan politik akan dibentuk nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Kesepakatan bersama itu diarahkan untuk menghentikan penyiaran semua iklan kampanye dan politik hingga waktu yang diperbolehkan untuk melakukan kampanye sesuai UU Pemilu.

“Setelah MoU semua iklan kampanye dihentikan apapun bentuknya,” kata Rahmat di kantor KPI, Jakarta, Rabu (26/2).

Menurut Rahmat, kesepakatan bersama akan segera dilakukan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Komite Informasi Publik (KIP). Yang tergabung dalam gugus tugas pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye.

Selain melakukan moratorium terhadap iklan kampanye dan politik, gugus tugas juga bertuga mensosialisasikan kesepakatan bersama mereka kepada partai politik peserta pemilu dan lembaga penyiaran. Guna memastikan berjalannya aturan main yang sudah dibuat untuk memenuhi prinsip keadilan dan akses yang sama bagi peserta pemilu.

Gugus tugas sebenarnya telah terbentuk sejak Oktober 2013. Sejak awal dibentuk, hanya diisi tiga lembaga yakni KPI, KPU dan Bawaslu. Setelah berkoordinasi dengan KIP, muncul kesepakatan akan mengeluarkan keputusan bersama. Dalam Gugus Tugas ini, yang menjadi pengarah utama adalah Bawaslu, sebagai lembaga pengawas. Dari KPI dan KIP lah, Bawaslu mendapat laporan iklan politik dan kampanye yang dinilai melanggar.

Dalam nota kesepahaman yang akan segera dirumuskan tersebut, Rahmat melanjutkan, akan dipertegas penilaian kampanye yang selama ini kerap diperdebatkan. Selama ini, kampanye yang dianggap melanggar adalah yang menyertakan visi, misi, dan program peserta pemilu. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Kampanye

Jangan Larang Kampanye yang Angkat Isu Agama