Home / Berita / Nasional / Ketua DPR: Berjilbab Hak Azasi, Hendaknya Dihargai

Ketua DPR: Berjilbab Hak Azasi, Hendaknya Dihargai

Polwan Berjilbab - Inet
Polwan Berjilbab – Inet

dakwatuna.com – Jakarta.  Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan institusi polri harus menghargai keinginan polisi wanita (polwan) mengenakan jilbab. Pasalnya mengenakan jilbab merupakan bagian dari aktivitas beragama yang dijamin undang-undang.

“Berjilbab ini hak azasi hendaknya dihargai,” kata Marzuki kepada Republika usai menerima sejumlah cendekiawan muslimat Indonesia di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (19/2).

Marzuki menyatakan Indonesia adalah negara yang menjamin pelaksanaan prinsip-prinsip beragama. Jaminan ini menurutnya terdapat dalam konstitusi UUD 1945. Aturan di institusi Polri yang tidak membolehkan polwan berjilbab sama saja menyalahi aturan konstitusi.

“Seharusnya aturan di bawah (aturan polri) mengacu pada aturan perundangan tadi (konstitusi),” ujarnya.

Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia acap menjadi rujukan negara-negara lain dalam membangun hubungan antara negara dan pemeluk agama. Dalam konteks ini, kata Marzuki, institusi polri mestinya memberi jaminan perlindungan bagi polwan berjilbab.

“Kita menjadi acuan bagi masyarakat muslim dunia,” katanya.

Indonesia tidak boleh kalah dengan negara-negara di Eropa dan Amerika. Menurut Marzuki negara-negara di Eropa dan Amerika sudah membolehkan polisi wanita muslim menggunakan seragam penutup aurat.  “Kita tahu di Amerika dan Eropa sudah memberi kebebasan polisi diizinkan menggunakan penutup aurat dan jilbab,” ujarnya.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 9,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Erry Latief

    Hanya Ngomong Pencitraan, Ketua DPR dari Parpolnya Presiden, bilang saja Sama SBY, tentu KAPOLRI akan patuh Perintah Presiden

Lihat Juga

Kepala Kepolisian West Midlands, David Thompson (dailymail.co.uk)

Kepolisian Inggris Pelajari Kemungkinan Izin bagi Polwan Muslimah Bercadar

Organization