Topic
Home / Narasi Islam / Dakwah / Macam-macam Perubahan

Macam-macam Perubahan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi
ilustrasi

dakwatuna.com. Untuk bisa memahami dengan detail, perubahan memerlukan pembahasan yang panjang. Perubahan juga akan selalu dialamai oleh manusia sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, penulis merasa perlu membahas tentang macam-macam perubahan. Baik perubahan yang diharapkan maupun perubahan yang tidak diharapkan. Perubahan mempunyai macam yang sangat banyak,  dan bisa dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Dilihat dari efek yang ditimbulkan, ada perubahan positif dan perubahan negatif.

Dilihat dari senang-tidaknya orang yang mengalami, ada perubahan yang diharapkan dan perubahan yang tidak diharapkan.

Dilihat dari cakupannya, ada perubahan menyeluruh dan perubahan parsial.

Dilihat dari perencanaannya, ada perubahan terencana dan perubahan asal-asalan.

Dilihat dari kualitasnya, ada perubahan berkualitas dan perubahan biasa.

Dilihat dari tingkatnya, ada perubahan yang mendalam dan perubahan di permukaan.

Dilihat dari siapa yang diubah, ada perubahan individual, perubahan kolektif, dan perubahan bangsa.

Dilihat dari bidang perubahannya, ada perubahan pemikiran, ideologi, budaya, informasi, sosial, media, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Dilihat dari waktu berlangsungnya, ada perubahan sementara, perubahan berjangka dan perubahan yang berkelanjutan. Dan masih banyak lagi sudut pandang dalam membagi perubahan.

Dari macam-macam perubahan yang sangat banyak di atas, dapat kita simpulkan bahwa perubahan pasti akan terjadi apapun kondisinya. Tidak ada sesuatu pun yang tetap. Yang tetap hanyalah Allah swt. Agama dan sistem hidup yang diturunkan-Nya untuk manusia akan tetap dan tidak berubah sepanjang masa. Usaha perubahan yang akan membuahkan hasil hanyalah perubahan yang sesuai dengan agama dan sistem hidup Islam.(msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Pendidikan di: Bachellor Ulumul Quran Universitas Shan�a, Yaman; Bachellor Ilmu Syariah Universitas Al-Iman, Yaman; dan Magister Fiqih Universitas Al-Iman, Yaman.

Lihat Juga

Ada Dakwah di Dalam Film End Game?

Figure
Organization