Home / Berita / Internasional / Asia / Jabal Rahmah Penuh Dengan Coretan Nama Indonesia

Jabal Rahmah Penuh Dengan Coretan Nama Indonesia

jabal-rahmahdakwatuna.com – Mekah. Salah satu tempat yang ramai dikunjungi jamaah haji saat berada di Mekah, Arab Saudi adalah Jabal Rahmah.

Bukit yang dikenal sebagai Bukit Kasih Sayang  itu terletak di sebelah timur Padang Arafah, yang akan menjadi pusat prosesi ibadah haji, wukuf. Di bukit inilah  konon merupakan tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diturunkan dari surga dan terpisah bertahun-tahun.

Kini, bukit dengan tugu di puncaknya itu menjadi kotor dengan coretan nama-nama. Pengunjung menuliskan nama mereka pada tugu monumen, tangga dan lantai beton di puncak bukit tersebut.

Di antara nama-nama yang tertulis di Jabal Rahmah, ada banyak sekali nama-nama Indonesia, seperti Syaripudin, Dadang, Nurfitriany, dan Putri.

Entah karena saking banyaknya jemaah asal Indonesia, atau karena orang Indonesia yang paling suka menuliskan nama. Hanya, nama-nama “berbau” Indonesia paling menonjol dibandingkan dengan nama-nama warga negara lain yang tertoreh di sana.

Banyak orang meyakini bahwa jika menuliskan nama mereka dan pasangan mereka di Jabal Rahmah maka perjodohan mereka akan kekal seperti Adam dan Hawa.

Padahal menurut para ulama bukit itu tidak memiliki kekhususan apapun. Ia tidak lebih istimewa dari seluruh tanah Arafah. Mendaki bukit tersebut tidak disyariatkan dan tidak ada ibadah yang terkait dengan bukit itu.

Pemerintah Arab Saudi juga sudah melarang jemaah mencoret-coret dinding monumen dan sekitarnya, bahkan menempatkan petugas penjaga, namun masih saja ada yang bisa menuliskan namanya di sana. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • zulfi

    capek deh.. udah naik berebutan, kainnya ketarik tarik tapi ga dapet pahala -__-

  • zulfi

    capek deh.. udah naik berebutan, kainnya ketarik tarik tapi ga dapet pahala -__-

  • Seri Amperawati

    Gimana ya cara ngikis hbis budaya corat-coret kyak gitu? Malu²in banget, tau… :p
    Blum lg yg suka pamer nama d WC hotel² atau bahkan WC umum yg kumuh, ckckck…

  • ehud

    selalu indonesia bikin malu dunia, contoh timnas u 19 yg ukir prestasi dan bikin harum nama indonesia.. jangan kotori tanah suci dgn coretan tangan, mau pamer dpt gelar haji begitu kah

  • adi faturrahman

    Dasar pe ak,gk prnah sopan dikit,hah,iu tuh jabal woi…mala di coret2x,idiot

Lihat Juga

Ilustrasi. (amidda.blogspot.com)

Membaca Riwayat Hawa

Organization