Home / Berita / Daerah / Aher Melepas Rindu Bareng Warga Jabar di Kalsel

Aher Melepas Rindu Bareng Warga Jabar di Kalsel

aherdakwatuna.com – Banjarmasin. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bertemu dengan ratusan warga Jabar di Kalimantan Selatan. Pertemuan yang difasilitasi Paguyuban Lembur Kuring dan Bank Jabar Banten (Bjb) bertajuk Halal Bihalal Tepang Sono para warga Asal Jabar-Banten se-Kalsel, di Hotel Mercure Banjarmasin, Kamis (19/9/2013).

Ketua Paguyuban Lembur Kuring Dikdik Solehudin menuturkan, tepang sono ini menjadi ajang silaturahmi warga Jabar di Kalsel. Acara ini diikuti sekitar 200 anggota.

“Kalau anggota yang tercatat di kami sekitar 1.500 warga Jabar dan yang aktif sekitar 250 orang. Dan kami sebagai komunitas terbesar kedua di Kalsel,” ujar Dikdik.

Dikdik menambahkan, paguyuban mulai didirikan pada 1963. Paguyuban ini pun sebagai pembuktian etnis Sunda di tempat rantau.

“Bangkitkan kesundaan di luar tatar sunda, kalau bukan kita siapa lagi. Rata-rata yang di Kalsel itu orang-orang hebat, survive bagus,” terangnya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengharapkan, warga Jabar di Kalsel dan provinsi lain bisa sukses dan lebih baik. Bahkan pria yang akrab disapa Aher itu pun mengharapkan warga Jabar betah dan sukses di rantau.

“Kalau bisa jangan kembali lagi ke Jabar, tong hayang balik deui geus pinuh di Jabar mah,” ujar Aher.

Aher menjelaskan, hidup keluar dari komunitas, biasanya akan lebih terbuka pikirannya dan menghadapi tantangan untuk lebih maju. Selain itu, jika memiliki keahlian, Aher yakin warga Jabar yang merantau bisa lebih sukses.

“Ini yang dilakukan China dengan politik Diasporanya, sehingga warga China pun menyebar di mana-mana di berbagai negara. Dan kita Jabar ingin mencontoh melalui program Jabar Mengembara,” tuturnya.

Meski demikian, Aher mengaku tidak akan melupakan begitu saja warga Jabar di perantauan. Aher pun berpesan agar warga Jabar di perantauan tetap menjaga jati diri kesundaannya.

“Kalau membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti bertani, berkebun, hingga beternak, Pemprov Jabar pun siap memfasilitasi untuk mendatangkan pelatih-nya. Begitu pun di bidang seni, budaya, dan bahasa,” tandasnya. (ar/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (pks.or.id)

Setelah Tol, Bandara dan Kereta Api Cepat, Pemprov Jabar Genjot Pembangunan Pelabuhan Internasional

Organization