Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Di Balik Kocaknya Vicky Prasetyo…

Di Balik Kocaknya Vicky Prasetyo…

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Vicky Prasetyo. (inet)
Vicky Prasetyo. (inet)

dakwatuna.com – Bismillaahirrahmaanirrahiim, mengawali artikel saya kali ini, saya ingin sekali mendoakan pembaca sekalian, dan khususnya saya sendiri, Allahummaghfirlana, Allahummaghfirlana, Allahummaghfirlana. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa mulut-mulut kami, mulut yang kadang mencaci dan menertawai saudara kami sendiri. Ya Allah, bukakanlah hati kami, lembutkanlah hati kami, sehingga kami dapat menerima hidayah mu, agar kami dapat tersentuh oleh pengingatan dari Mu. Duhai Allah, kami mohon janganlah Engkau buat hati kami ini menjadi keras, memandang rendah orang lain, dan mengindahkan segala nasihat yang diberikan kepada kami. Jadikanlah kami termasuk orang-orang yang selalu bertaubat, dan termasuk golongan orang-orang yang kembali kepadamu.

Baiklah, artikel saya kali saya buat karena telah muncul kegemparan di masyarakat, khususnya masyarakat dunia maya, di mana video wawancara super kocak seorang Vicky Prasetyo, tunangannya Zaskia Gotik yang merupakan pedangdut terkenal, muncul di YouTube dan telah ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton sampai 10 September 2013. Video ini cukup luar biasa kocak, karena penggunaan kata dalam dia berbicara sungguh di luar nalar masyarakat. Seperti “labil ekonomi”, “kontroversi hati”, “twenty nine my age”, “konspirasi kemakmuran”, dll. Jujur saja, pertama kali saya menontonnya bersama seorang teman pun ikut tertawa terbahak-bahak dan ikut berkomentar “koplak bener bahasanya dah, hahahaha”.

Memang video dari Vicky ini sangat sangat kocak, sampai muncul kamus Vicky dan akun twitter @vickyprasetyo_ yang menambah lucu wawancara itu, akan tetapi…….

Baiklah saya akan memulainya dengan surat Al Hujurat ayat 11.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zhalim. (QS Al-Hujurat: 11)

Kemudian akan lampirkan juga ayat ke 12 nya yang tak kalah membuat hati tertusuk.

“Wahai orang-orang yang beriman, jauhkanlah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging (bangkai) saudaranya yang sudah mati? Maka, tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (Al-Quran Surat Al-Hujurat [49] ayat 12).

Ya Allah… Cukup jelas, makna yang dapat kita tangkap dari 2 ayat di atas. Namun yang menjadi masalah terbesar adalah hati-hati kita sendiri, apakah hati kita cukup lembut untuk menerima sentuhan Allah lewat 2 ayat d atas. Apakah hati kita cukup terbuka untuk menerima hidayah Allah yang datang lewat 2 ayat di atas. Kadang kita berceletuk, “yaelah serius amat dah, inikan hanya bercanda doank”. Memang kita hanya bercanda, dan alasan ini lah yang membuat hal yang sebenarnya dilarang Allah menjadi lumrah dan diterima masyarakat. Padahal Allah sangat melarang candaan yang seperti itu. Hal ini sebenarnya sama seperti kasusnya Norman Kamaru, yang juga menghasilkan video joget India super kocak. Tapi Norman membuat video itu dengan tujuan agar orang lain tertawa, lain halnya dengan Vicky, saya coba cari2 hasil wawancara dengan Zaskia Gotik mengenai terkenalnya video wawancara Vicky, saya mendapatkan komentar Zaskia yang mengkonfirmasi bahwa komentar itu serius dan dia beralasan karena Vicky terlalu cerdas sehingga menggunakan kata-kata yang digunakan di luar nalar masyarakat biasa.

Sudahlah pembaca yang dirahmati Allah, kita hidup ini memang butuh tertawa, dan kita butuh bercanda dengan orang agar hidup tidak terlalu stress, tapi apa kita mau mengorbankan kedekatan kita kepada Allah, apa kita mau membuat Allah marah dengan ucapan kita, padahal kita bisa hidup di dunia ini karena nikmat dari Allah, dan nasib kita di akhirat semua di tangan Allah, karena hanya dengan ridha-Nya lah kita akan memasuki surga-Nya kelak.

Semoga Allah meluruskan niat-niat kita dalam berkata, semoga kita tidak lagi menggunakan kata-kata yang Vicky lontarkan agar orang lain tertawa, semoga Allah selalu melindungi segala ucapan kita dari yang membuat orang menertawakan orang lain. Dan semoga Allah selalu lembutkan hati kita, agar dapat menerima hidayah dari Allah dengan mudah. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang selalu kembali kepada-Nya, karena kita percaya, kelak di akhirat, di tangan-Nya lah nasib kita akan ditentukan, masuk neraka dan menerima azab yang pedih, atau masuk ke surga-Nya, di mana bergelimang kenikmatan dan diberikan bidadari-bidadari yang cantik jelita…

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (127 votes, average: 8,25 out of 10)
Loading...Loading...
Havid Aqoma Khoiruddin
Lahir di Jombang tahun 1991. Saat ini merupakan seorang mahasiswa S2/S3 integrasi di Kookmin University, Seoul, South Korea, dan alumni Teknik Metalurgi dan Material, Universitas Indonesia angkatan 2009...www.havidaqoma.com

Lihat Juga

ilustrasi (inet)

Matematika vs Bahasa Inggris

  • Çãll Mê Ñêã

    Subhana Allah ..

    Saya sangat setuju dengan artikel Anda…

    Semoga bermanfaat buat kita semua

    Aamiin Ya Rabb

  • rido

    relevansi????? harmonisasi serius dan canda????

  • Iffah Michi Xavia

    setuju,,, terima kasih sdh mengingatkan

  • IWAN PERMADI

    thanks sudah diingatkan………

  • Zufar Ahmad Bawazir

    Tulisan yg sangat bermanfaat untuk saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran, banyak orang yg menganggap remeh hal seperti ini, padahal dia sangat besar akibatnya bagi pelakunya. Semoga kita menyadari akan hal ini.

  • agung suko

    semoga kita tak terjebak dalam KONTROVERSI HATI……AAMIIN…!!

  • DONI MARZIAN

    vicky lucu deh…..

    • DONI MARZIAN

      wanita harusnya jgn hanya mengejar harta dan penampilan,,, tetapi iman dan taqwanya….. makanya klian tertipu…….

      • Kochiest Satriani

        Betul sekali..setuju mas Donny..inilah mungkin yg namanya zaman pembodohan bangsa dikarenakan pengaruh globalisasi,,banyak orang bego sok intelek,,bangsa kita mungkin belum siap menerima ..terlalu banyak tayangan@ media yg hanya membuai ..meninabobokan sebagian masyarakat..termasuk kehidupan masyarakat kita yg terbuai dgn glamornya pemberitaan media,,

  • steven

    saya setuju gan makasih ya gan…

  • Annisa Nuriowandari

    Saya setuju untuk tidak bercanda berlebihan. Tapi di paragraf ke sekian, saya merasa alasan penulis sedikit nggak logis. Mohon izin buat memberi masukan ya.

    “Tapi Norman membuat video itu dengan tujuan agar orang lain tertawa, lain halnya dengan Vicky, saya coba cari2 hasil wawancara dengan Zaskia Gotik mengenai terkenalnya video wawancara Vicky, saya mendapatkan komentar Zaskia yang mengkonfirmasi bahwa komentar itu serius dan dia beralasan karena Vicky terlalu cerdas sehingga menggunakan kata-kata yang digunakan di luar nalar masyarakat biasa.”

    Saya merasa ini alasan yang salah untuk memaklumi Vicky karena menurut saya, Vicky bukan terlalu cerdas dan terlebih lagi, saya tidak yakin dia serius apa tidak. Perlu diingat Zaskia Gotik juga bukan orang yang berpendidikan cukup tinggi. Saya pernah melihat cuplikan ketika wartawan menanyai Zaskia tentang pendapatnya terhadap cara bahasa Vicky. Saya bisa melihat Zaskia sendiri kesulitan menjelaskan; dia sendiri bingung apakah kata-kata itu sulit ia pahami karena ia hanya tamat SD atau kata-kata itu sulit dipahami semua orang? Di sini kelihatan bahwa Zaskia tidak mau berkomentar lebih jauh karena dia tidak yakin apakah miskom itu terjadi karena dia atau Vicky. Kalau Zaskia berpikir demikian, berarti dia juga tidak bisa memahami bahwa penggunaan bahasa Vicky itu apakah “terlalu pintar” atau “dipintar-pintarkan”.

    Jadi nope, salah rasanya jika berusaha memaklumi Vicky dengan alasan bahwa “Vicky sesungguhnya pintar”. Mohon untuk lebih kritis lagi. Kalau Vicky sebetulnya pintar, maka seharusnya orang pintar bisa paham apa yang diucapkan Vicky tapi dia akan membuat bingung orang yang kurang pintar. Tapi Vicky sukses membuat semua orang pintar bingung, karena dia salah dalam menempatkan istilah-istilah kajian itu.

    Saya tertawa, tapi hanya lantaran saya bingung dengan penggunaan bahasanya. Namun setelah melihat bahwa Vicky berbahasa demikian hampir sepanjang hari dan bagaimana cara ibunya bersikap ketika berada di segmen Hitam Putih, saya merasa ini bukan persoalan perilaku, tapi sudah persoalan individunya – dan justru itu akan nggak etis jika kita melanjutkan tertawa karena kita sudah mulai menertawakan orangnya.

    Kelihatan jelas kalau cara berbahasa Vicky ini bukan satu-dua kali. Kalau seseorang tidak tahu bagaimana cara menempatkan kata-kata kajian, dia sendiri perlu dibantu buat belajar. Itu saja yang membuat saya merasa perlu membatasi tawa saya dalam hal ini – karena saya melihat Vicky itu sebenarnya perlu dibantu.

    • havid aqoma khoiruddin

      sip terima kasih atas sarannya :)

  • Abu Ahmad

    Saya salut dengan anda2 semua, yang begitu santunnya untuk tidak mengejek langsung kepada anak itu. Bagi saya si Vicky itu TIDAK BISA BERBAHASA INGGRIS DENGAN BENAR…!!!! Saya pikir jika kita berani berkata seperti itu, maka tidak akan ada celotehan yang berkepanjangan dari kita semua, apa lagi dari orang-orang yang tidak bisa berbahasa inggris. Kebiasaan kita untuk tidak langsung berkata benar dan lugas, terhadap kasus ini malah mengakibatkan penggunakan gaya bahasa inggris yang salah ini malah jadi tren pembodohan masyarakat selanjutnya, ini terbukti dengan keluarnya istilah kamus vickynisasi-lah, istilah-istilah baru yang sama ngawurnya, dan tentunya makin memperparah pembodohan bahasa ini. Sudahlah bahasa indonesia gak becus, sekarang bahasa inggris makin diperparah… Yang smart aja lah nanggepinnya, salah ya salah, benar ya benar, masalah ketawa gak ketawa itu urusan individu Pak….

    • bangbeng

      serius bnget sih hidup lo gan….

      • Ino Wong Banyu Maz

        aku setuju dg Abu Ahmad….. gk tw knp aku gk suka ama org yg sok sokan…. pake bhs inggris yg blm faseh bner… masa orator pas nyalon kades aja pke bhs inggris kan ngawuuuur maana tw org2 yg dsekitarnya

  • Suryadi Jihado

    OK, kita tidak perlu merendahkan dia lagi. Dari gaya bicara emang orang ini “sok” berpendidikan tinggi. Tapi gaya bahasa nya yang udah terkenal msh bisa kita ucapkan untuk sekedar hiburan tentunya.

  • Jido Novinho de Ouro

    saya gak tau dan gak mau tau apa-apa soal seleb …
    so, wheter there is Justin Bieber, Vicky Prasetyo, Leo Messi or talking teddy bear … eventually, I don’t give a sh** …

    sibukanlah dengan mendoakan saudara2 kita yg tertindas di timteng, lakukanlah empati dimanapun kita berada. salam dan rohmat Alloh untuk kita semua.

  • Ricka

    bahasa vicky telah mengkudeta masyarakat Indonesia.

  • http://dena.baradeveloper.com/ denapey

    terimakasih sudah mengingatkan, mudah-mudahan dalam kejadian ini kita semua diberi berkah dan ampunan. amin

  • Ajat

    terimakasih,artikelnya bagus sekali.

  • re_zall

    Sebenarnya kalau di telaah benar2 kata kata vicky itu sangat menggambarkan kehidupan nya banget dan sebenarnya kata2nya itu sinyal buat saskya gotik kalau si empunya kata kata itu seperti itu… kemakmuran ekonomi.. artinya dia dalam keadaan nga punya, mengkudeta hati artinya siap2 istrinya vicky ditelantarkan. dan lainya

  • muspinah baso

    terima kasih sudah mengingatkan. smoga barohak. amiin

  • Muhamad Akbar Bin Widayat

    terimakasih..

  • Emha Afi MAshudi

    terus terang awalnya saya tidak tertarik untuk melihat ,,dan ingin mengacuhkan video tsb,,,tapi karena terkena share dari orang yg saya deketi ,saya jadi ikut2an …..saya seneng bgt membaca halaman ini,saya sadar saya telah mengolok2 vicky….vicky maafin saya ya???

  • PUTRI CIEKA

    ORANG YG MENGHINA BLM TENTU LEBIH BAIK DR YANG DI HINA……………

  • Salsabila Thamrin

    Ya Pemeliharaku! Ampuni Dosaku

  • merakyat_donk

    Terima kasih telah “MENCERAH” atas “KUDETA” hati yang ada saat ini, semoga menjadi masukkan bersama…. dan “KONTROVERSI HATI” ini menjadi bagian dalam penilaian kehidupan kita menjadi lebih baik…..

  • Teten Sultan N

    terima kasih atas pencerahannya, mdh”an ada harmonisasi dan tidak terjadi kontroversi hati dalam hidup ini ..

  • Teten Sultan N

    terlepas dari kontroversi video koak itu, yang jelas kehadirannya mampu menghibur dan memasyarakatkan istilah” intelek di masyarakat, mdh”an kita tidak terjebak dalam kecenderungan memperolok2kan, terima kasih atas tadzkirohnya

  • Septa Andreas R

    Terima kasih sudah diingatkan akan ayat Al-Qur’an nya…

  • edi

    apakah dengan artikel ini, dakwatuna ikut2 an ghibah karena menyebutkan nama atau kejelekan seseorang?

    • Adi Rahadi

      justru sebaliknya, artikel ini justru mengingatkan agar kita tidak ghibah.
      baca baik² satu persatu artikelnya, jangan sepotong² bro.

  • Abu Ahmad

    Kebiasaan orang Indonesia adalah mentolelir kebiasaan atau tingkah laku yang salah sehingga. kesalahan tersebut menjadi wabah yang biasanya menjadi icon negatif dalam masyarakat. Saya sendiri menilai bahwa si beliau itu memang tidak bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar, kenapa anda-anda ragu untuk mengatakan hal tersebut. bukankah itu justru mempermalukan bangsa indonesia sendiri di mata dunia..?? beberapa WNI asal Amerika dan Eropa sendiri geleng-geleng kepala saat melihat tayangan tersebut. Lha kita..??? malah mentolelir dan meminta untuk tidak su’udzon. Memang kocak bangsa kita, sekocak si beliau itu…. :D

    • Sri

      Betul sekali….dari manakah asal mental yg seperti itu…apakah daya toleransi yg sangat besar yah…saking besarnya yg salah dibiarkan berkelanjutan…tapi tugas kita2 untuk mengingatkan..

    • Nicky Astriyanti

      mungkin maksudnya kita jangan sampai mengolok-olok kekurangannya dia. respon tertawa waktu ngeliat video itu sih wajar, tapi mungkin jangan berlebihan. Ambil yang baiknya aja deh :D

  • Faris

    semoga nyambung:
    saya pernah dengar seorang ustadz ceramah bahwa istilah “HALAL BIL HALAL” hanya ada dalam bahasa indonesia, saya juga pernah baca artikel bahwa yang memunculkan istilah halal bil halal ini adalah Presiden Soekarno, tapi tidak jadi “pembahasan” seperti saat ini. ada lagi istilah lain yaitu Minal Aidin wal faizin, ntah dari mana datangnya.
    satu lagi, ada teman yang bilang klo belajar bahasa inggris itu harus dipraktekkan, tidak apa salah ketika belajar asalkan yang mendengar paham yang kita maksud. Sepertinya beliau itu sedang belajar dan kita paham maksudnya.

    • mudhi’afaturrochmah silviana p

      mencoba membantu.. “ada teman yang bilang klo belajar bahasa inggris itu harus dipraktekkan, tidak apa salah ketika belajar asalkan yang mendengar paham yang kita maksud. Sepertinya beliau itu sedang belajar dan kita paham maksudnya.”
      tapi kalau dia melakukan kesalahan, tidak seharusnya kita menertawakan dia, menjadikan apa yang dia ucapkan sebagai bahan ejekan. semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tapi bukan kesalahannya itu dijadikakan bahan lelucon. toh kita juga belum tentu lebih baik dari si pembuat kesalahan tersebut.
      semoga membantu..

    • Ayyas Absyar

      Namanya juga Bid’ah…Nyeleneh..

  • ArchQimedes

    Terima kasih sudah mengingatkan saya. Semoga mulut kita selalu terjaga dan tidak menjauhkan kita dari-Nya

  • eka

    Terima kasih

  • Sri

    Ya, fenomena sekarang sdh banyak yg harus diluruskan…canda2 an yg memanggil dg panggilan yang tidak baik juga sdh banyak sekali bertebaran…apalgi becandain kata2 mayat dan mati…sebenarnya sangat tidak baik. semoga kita semua mendapatkan petunjuk dalam berkehidupan yg lebih baik. ammiin.

  • Teta Dea Kkw

    terima kasih sudah mengingatkan saya. jujur, pada awal saya mendengar berita ini, saya terheran-heran. mengapa ada orang seperti dia? mengapa dia harus berkata seperti itu? apa alasannya dan apa yang dia inginkan…yah itu hanya dirinya dan Allah yg tau.
    terima kasih ya, jeongmal kamsahamnida ^^

    • Teta Dea Kkw

      terima kasih sudah mengingatkan saya. jujur, pada awal saya mendengar berita ini, saya terheran-heran. mengapa ada orang seperti dia? mengapa dia harus berkata seperti itu? apa alasannya dan apa yang dia inginkan…yah itu hanya dirinya dan Allah yg tau.
      terima kasih ya, jeongmal kamsahamnida ^^

  • Alde Ab Flickers

    jujur saya jarang nonton gossip,jadi saya gak begitu tau vidionya vicky

  • Rieta Al-Farizi

    ..Sebaik-baik perkara adalah yang sederhana dan pertengahan. Tatkala Islam
    mensyariatkan untuk banyak tersenyum, maka Islam juga melarang untuk
    banyak tertawa, karena segala sesuatu yang kebanyakan dan melampaui
    batas akan membuat hati menjadi mati…

  • Abah Husen

    pokonya kata kata Vicky sangat intelek, akademis dan LUCU

  • Ryan D. Glory

    satu lagi pelajaran yang dapat diambil dari kasusnya vicky
    berbohong dan penipuan itu ga selamanya bisa bertahan dan disembunyikan
    apalagi penipuan dari orang yang berbohong mengenai sesuatu yang dia sendiri tidak kuasai
    dan yang terakhir, sawah dirawat pun masih akan ditumbuhi gulma, apa lagi sawah yang tak diurus sama sekali
    sama dengan penipuan, berbohong.., dan tindak asusila lainnya… orang yang sedang berbuat baik pun masih ada yang akan berpikiran negatif, apalagi untuk mereka yang berbuat rendah, mempermalukan diri sendiri dan di depan umum lagi…

  • Lisna Hamka

    Berani berbuat harus berani bertanggung jawab…:)

  • darwis

    mau mengucilkan orang lain kan gpp, suka2 gue gtoe loehhhhhh.. orang mau briman/tdk tu terserah orag itu sendri, klo kita g mau beriman kpada Allah, ke Agungan Allah tdak akan berkurang.

  • NN

    jadi orang itu yang biasa aja kalo belum bisa berbahasa inggris yg baik dan benar ya nggak pelu terlihat sok inggris, lagian itu akan merugikan dirinya sendiri yg sok inggris dan jadi bahan tertawaan. buat apa juga sok inggris hanya untuk membodohi orang sekitar. mendingan jadi org yg sederhana dan berahlak mulia di mata ALLAH SWT. hidup apa adanya dan diterima orang sekitar itu lebih baik sepertinya…….itu hanya pendapat saya ya teman2 apabila ada kata2 yang kurang berkenan saya mohon maaf

  • tio

    ada plajarn berharga dari semua ini yaitu jgan qt brbicara seenak bacot,wlwpun kedengarannya wah tp klw itu ga benar lbih baik diam,,,

  • chandra ireng

    Dibayar berapa sih ente….?