Home / Berita / Internasional / Afrika / Korupsi, Salah Satu Sebab Militer Kudeta

Korupsi, Salah Satu Sebab Militer Kudeta

Dr. Saif Abdul Fattah (inet)
Dr. Saif Abdul Fattah (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Dalam akun facebooknya, hari ini Selasa (10/9/2013), Dr. Saif Abdul Fattah menuliskan bahwa salah satu sebab militer bersikeras mempertahankan kekuasaannya di Mesir adalah karena mereka mempunyai simpanan harta kekayaan yang berlimpah. Kekayaan itu bisa sama dengan sepertiga anggaran negara. Anehnya, harta itu tidak masuk dalam anggaran negara, atau berada dalam pengawasan parlemen dan lembaga yang lain.

Keuntungan investasi kekayaan ini selalu dibagikan kepada para pemimpin militer. Satu pejabat bisa mendapatkan jatah 3 juta pounds (lebih dari 4 milyar Rupiah) setiap bulannya. Pejabat dan personil militer di bawah juga mendapatkan bagian. Personil dengan pangkat rendah bisa mendapatkan jatah berlipat lebih banyak daripada gaji seorang dokter atau insinyur.

Abdul Fattah menambahkan, kalau Mesir menjadi negara sipil, maka kekayaan ini akan dimasukkan ke dalam anggaran negara. Militer akan seperti pegawai negeri yang lain. Lalu dana tersebut juga akan digunakan pemerintah untuk mengembangkan militer, inilah yang tidak diinginkan Amerika dan Israel.

Terakhir, Abdul Fattah menerangkan, militer sama saja dengan kepolisian dan kehakiman. Mereka ingin terus berkuasa hingga keluarga dan keturunan mereka bisa meneruskan dan menikmati jabatan. Kalau sipil berkuasa, maka pengangkatan pejabat akan didasarkan kepada kelayakan. (msa/dkw/egyptwindow)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kebutuhan Hidup Semakin Mahal, Seorang Warga Mesir Frustasi Dan Membakar Diri