Home / Berita / Daerah / Masyarakat Pulau Untung Jawa Masih Perlu Bantuan Pemberdayaan

Masyarakat Pulau Untung Jawa Masih Perlu Bantuan Pemberdayaan

Ilustrasi - Pulau Untung Jawa. (Google Earth)
Ilustrasi – Pulau Untung Jawa. (Google Earth)

dakwatuna.com – Jakarta. Jumlah ikan yang semakin sedikit menyebabkan sebagian besar masyarakat Pulau Untung Jawa harus memikirkan mata pencarian di bidang lainnya. Saat ini, potensi wisata Pulau Untung yang tengah digali pemerintah menjadi satu kesempatan baik bagi masyarakat di sana untuk memperoleh pendapatan selain menjadi nelayan.

“Namun sebagian masyarakat Pulau Untung masih memerlukan bimbingan pemberdayaan agar mereka bisa memanfaatkan potensi pulau ini dengan lebih optimal, mulai dari pendidikan, perekonomian hingga lingkungan. Kan sayang kalau potensi ada, tapi kita nggak bisa memanfaatkannya dengan baik,” tutur Direktur PT Nusantara Regas Hendra Jaya dalam acara peluncuran program Pemberdayaan Masyarakat Pulau Untung Jawa, Senin (19/8/2013).

Menurut Hendra upaya untuk memberdayakan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan seluruh elemen masyarakat. Hal itu bertujuan agar upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia lebih cepat terwujud.

“Semua perusahaan di Indonesia berkesempatan untuk membantu percepatan terwujudnya pemberdayaan Indonesia melalui program CSRnya. Bantuan bisa diberikan untuk membantu beragam aspek mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” ungkap Hendra.

Dari Rumah Baca Hingga Revitalisasi Taman

Sebagai wujud partisipasi pemberdayaan masyarakat Indonesia di Pulau Untung, PT. Nusantara Renggas bekerjasama dengan Rumah Zakat menyalurkan beragam bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, hingga lingkungan. Di bidang pendidikan, PT Nusantara Renggas membangun Rumah Baca dan Pintar serta pemberian bangku dan meja untuk dua madrasah di Pulau Untung.

Di bidang kesehatan, disalurkan program SEHATI (Sehat Ibu dan Anak) yang bertujuan mengembalikan dan meningkatkan fungsi kinerja Posyandu di Pulau Untung. “Rencananya program SEHATI ini akan dilaksanakan di 3 Posyandu di Pulau Untung selama 1 tahun,” tutur CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Sementara itu di bidang pemberdayaan, PT Nusantara Renggas memberikan bantuan tenda bagi pedagang kecil, perapihan tempat berjualan, serta pelatihan pariwisata bagi mereka. Adapun di bidang lingkungan, akan dilakukanlah perbaikan taman kota, perbaikan tempat sampah, penanaman tanaman hias dan pohon. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

DPR Dorong Bekraf Edukasi Masyarakat Lahirkan Industri Kreatif Baru