Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Rumah Zakat Buka Layanan Kesehatan Untuk Pengungsi Rohingya

Rumah Zakat Buka Layanan Kesehatan Untuk Pengungsi Rohingya

dakwatuna.com – Bangladesh. Rumah Zakat membuka layanan kesehatan bagi para pengungsi Rohingya bersama tim medis lainnya yang tergabung dalam IHA (Indonesian Humanitarian Alliance). Selain itu, Rumah Zakat juga mendistribusikan bantuan pangan dan logistik.

“Kami menggelar layanan kesehatan di Medical Camp yang berlokasi di Jamtoli, Ukhiya sejak Jumat lalu (6/10/2017). Dua orang perawat Rumah Zakat masuk ke dalam tim 1C yang beranggotakan dua orang dokter dan tujuh perawat,” ujar relawan Rumah Zakat, Hendrik Andika, Rabu (11/10/2017).

Tiga hari pertama, tim 1C telah memberikan layanan kesehatan kepada 954 pengungsi Rohingya. Sebanyak 252 orang diantaranya adalah anak-anak yang mayoritasnya menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), fever, dan diare.

Jamtoli Camp merupakan tempat pengungsian yang baru dibuka sekitar sebulan yang lalu di wilayah Ukhiya, Bangladesh. Hingga saat ini, masih banyak warga Rohingya lainnya yang baru berdatangan ke Jamtoli Camp.

“Perjalanan menuju Jamtoli Camp ini cukup jauh, tim 1C memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke sana. Kondisi Jamtoli Camp yang padat, minimnya sanitasi, ditambah perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan membuat kesehatan para penggungsi mulai menurun, karenanya kami membuka Medical Camp di sini,” jelas Dika. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Muslim Rohingya Bisa Berdamai dengan Nasibnya, Kapan?

Figure
Organization